Text
Pembelajaran keterampilan sosial anak pemulang (studi kualitatif di sekolah alam tunas mulia Bantar Gebang, Bekasi)
ABSTRAK
Rinastuti Rahayu, Pembelajaran Keterampilan Sosial Anak Pemulung (Studi
Kualitatif di Sekolah Alam Tunas Mulia Bantar Gebang, Bekasi) : Skripsi. Jakarta:
Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas
Negeri Jakarta, 2015.
Penelitian ini bertujuan mengkaji pengembangan keterampilan sosial pada
anak pemulung mencangkup hubungan bekerjasama, kemampuan mengontrol diri,
bertukar pikiran, kepatuhan, tanggung jawab dan etika dalam proses pembelajaran di
Sekolah Alam Tunas Mulia Bantar Gebang, Bekasi. Untuk mencapai tujuan tersebut,
peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam metode penelitian
kualitatif pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Data
yang telah terkumpul diperiksa keabsahannya dengan menggunakan teknik
perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan kecukupan refensial. Untuk analisis data
dalam penelitian ini menggunakan tiga jalur yakni reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian pembelajaran keterampilan sosial anak pemulung
menunjukkan bahwa proses pembelajaran dan kegiatan-kegiatan seperti life skill,
outing, pengajian, sekolah sepak bola, dan open house yang dilaksanakan oleh
Sekolah Alam Tunas Mulia dapat mengembangkan keterampilan sosial anak
pemulung berupa hubungan bekerjasama, kemampuan mengontrol diri, bertukar
pikiran, kepatuhan, tanggung jawab dan etika.
Kata kunci : Pembelajaran keterampilan sosial, Anak pemulung, Sekolah Alam
Bibliografi : lembar 192-194
SS00008480 | SK 8480 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain