Text
Pengaruh media pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap kemampuan matematika siswa SD seKecamatan Cengkareng Jakarta Barat
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIKA
PRIH HARTANTI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap kemampuan matematika. Penelitian ini dilakukan di SDN Kapuk 15 Pagi Cengkareng Jakarta Barat pada kelas V semester satu tahun pelajaran 2015/2016. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dianalisis menggunakan ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan matematika siswa yang belajar menggunakan media interaktif lebih tinggi daripada kemampuan matematika siswa yang belajar menggunakan alat peraga; 2) terdapat pengaruh interaksi antara media pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap kemampuan matematika; 3) bagi siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, kemampuan matematika siswa tinggi jika siswa belajar menggunakan media interaktif; 4) bagi siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah, kemampuan matematika siswa tinggi jika siswa belajar menggunakan alat peraga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran dan kemandirian belajar dapat meningkatkan kemampuan matematika.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Media Interaktif, Alat Peraga, Kemandirian Belajar, Kemampuan Matematika. Bibliografi : lembar 128-132
TM00001400 | TM 1400 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain