Text
Strategi implementasi manajemen pendidikan karakter di TK Star International School Bekasi
MANAGEMENT IMPLEMENTATION STRATEGY WITH THE CHARACTER EDUCATION IN KINDERGARTEN STAR INTERNATIONAL BEKASI
NILA PURNAMAWATI
ABSTRACT
The aim of this study was to determine and describe the model of character education and character building of teachers in kindergarten Star International School Bekasi. Data obtained from the informant through observation, interviews and recordings. Analysis of the data is (1) an integrated character education in learning activities through the approach of Multiple Intelligence and Holistic Learning as helping teachers and learners in linking the material being taught by real-world situations. (2) monitoring and evaluation supported by the Standard Operating Procedure. (3) support programs selection of parents strict upbringing. The findings led to the recommendation is (1) the head of the kindergarten Star International School Bekasi and staff management, it is necessary to increase the commitment at all levels of the components stakeholders, conduct training more intensively to new teachers so more quickly follow the standards of the school, and monitoring and evaluation is more intensive, both internally and externally. (2) holders of public education, it is necessary to make the concept of Multiple Intelligence and Holistic Learning as improved management aspects of character education and make continuous improvement aspects of teacher development as a foundation for improving the quality of education.
Keywords: model of character education, guidance teachers, school kindergarten
RINGKASAN
Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, pemerintah merancang program pendidikan karakter yang memungkinkan terjadinya proses pembelajaran bermakna, proses pembudayaan berbagai kemampuan, nilai dan sikap seorang Indonesia modern yang demokratis dan bertanggung jawab. TK Star International School Bekasi merupakan sekolah yang mempunyai perhatian dalam melaksanakan pendidikan karakter dengan melakukan pembiasaan-pembiasaan baik di sekolah dan menjalin kerjasama dengan orang tua. Fokus penelitian ini adalah Strategi implementasi manajemen pendidikan karakter dengan sub fokus (1) bagaimanakah model pendidikan karakter di TK Star International School, Bekasi dan (2) bagaimanakah pembinaan guru karakter di TK Star International Bekasi. Penelitian ini mengacu pada konsep yang mengatakan “Leadership, communication, channels, participation, coordination, adaptability, planning, decision making, sosial interactions, school climate, teaching methods, classroom management and learning strategies are often used as indicators of effectiveness”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) wawancara mendalam, (2) observasi partisipatif, dan (3) studi dokumen. Informasi diambil dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, manajemen dan orang tua di TK Star International School, Bekasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan waktu dan ketekunan pengamatan, teknik triangulasi dan diskusi rekan sejawat, serta menggunakan referensi. Hasil penelitian ini adalah: Tataran perencanaan; (1) merancang kurikulum dengan pendekatan Multiple Intelligence & Holistic Learning. (2) menciptakan kurikulum integrative, (3) pengelolaan suasana di dalam dan di luar kelas. Dalam pelaksanaan; (1) kerjasama dan komitmen yang kuat antar warga sekolah, (2) menerapkan keteladanan. (3) pembiasaan upacara dan merayakan hari besar nasional. (4) mestimulasi dan menghargai kreatifitas siswa. (5) menstimulasi komunikasi dan penyelesaian masalah siswa dengan diskusi. (6) menjalin komunikasi harmonis antar warga sekolah. Tataran evaluasi; (1) kerjasama orang tua dalam program parenting, forum sharing dan konsultasi. (2) pengawasan ketat terhadap karakter siswa, guru dan
orang tua. (3) penilaian karakter melalui raport siswa dan guru. (3) penilaian pola asuh melalui surat kerjasama orang tua. Hasil penelitian menunjukkan adanya hasil signifikan dari penerapan model pendidikan karakter yang diterapkan sekolah dan pembinaan guru terhadap pembentukkan karakter siswa, guru dan orang tua di sekolah. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan prestasi sekolah yang semakin dikenal sebagai sekolah karakter yang ramah anak, bukan hanya di Indonesia namun juga di luar Indonesia. Hal ini terlihat dari hasil penelitian menunjukkan kompetensi guru baik secara intelektual, pedagogik, profesional dan sosial adalah meningkat, sehingga dampaknya sangat besar dirasakan para orang tua murid di sekolah TK Star International Bekasi. Dari hasil penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi pendidik dan pengelola lembaga pendidikan karakter yang membutuhkan dan juga direkomendasikan bagi pemangku kepentingan terkait agar menjadi motivasi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan.
Bibliografi : lembar 121-123
TM00001406 | TM 1406 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain