Text
Upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematika dan pemecahan masalah dengan pendekatan pembelajaran scientific learning pada siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 3 Tangerang
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA
DAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PENDEKATAN
PEMBELAJARANSCIENTIFIC LEARNING PADA SISWA KELAS VIII-7
SMP NEGERI 3 TANGERANG
(2016)
YANTI NURJANAH
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika
siswa dan pemecahan masalah melalui pendekatan pembelajaran scientific learning.
Berdasarkan hasil tes prapenelitian yang diberikan bahwa menunjukkan kemampuan
komunikasi matematika siswa dan kemampuan pemecahan masalah matematika masih
relatifrendah. Penelitian ini merupakan clasroom action researchyang dilaksanakan
dalam 3 siklus. Setiap siklus dilakukan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi,
analisis, dan refleksi. Penelitian ini berlangsung dari bulan April sampai Mei 2015
pada siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 3 Tangerang tahun pelajaran 2014/2015.
Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah
lembar observasi berupa catatan lapangan, lembar kerja siswa, lembar tes, pedoman
wawancara dan alat dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif
dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pembelajaran matematika melalui
pendekatan scientific learningdapat meningkatkan pada kemampuan komunikasi
matematika siswa dan kemampuan pemecahan masalah.Terlihat adanya peningkatan
serta respon positif dari siswa subjek penelitian dan juga siswa secara keseluruhan.
Selanjutnya dengan adanya peningkatan skor kemampuan komunikasi matematika dan
kemampuan pemecahan masalah matematika subjek penelitian di setiap indikator dan
peningkatan nilai pada siklus I untuk seluruh siswamampu mencapai nilai
keberhasilan15%, padasiklus II meningkat menjadi 35%, dan meningkat lagi menjadi
72,5% pada siklus III.
Kata Kunci: Komunikasi Matematika, Pemecahan Masalah, Scientific Learning,
Classroom Action Research.
Bibliografi : lembar 291-293
TM00001417 | TM 1417 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain