Text
Pengaruh model pembelajaran think pair share dan efikasi diri terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa di SMAN 1 Jakarta
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS)
DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN
MATEMATIS SISWA DI SMAN 1 JAKARTA
SITI MASLAHATUL FARIDAH
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan pemahaman
matematis siswa ditinjau dari efikasi diri.
Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dan desain
penelitiannya menggunakan desain treatment by level 2x2. Instrumen yang
digunakan adalah angket efikasi diri dan tes kemampuan pemahaman matematis
berbentuk uraian. Data yang diperoleh adalah berupa skor efikasi diri dalam
skala Likert untuk pengelompokkan siswa berdasarkan efikasi diri dan skor hasil
tes pemahaman matematis. Populasi target dalam penelitian ini adalah siswa
SMAN 1 Jakarta dan populasi terjangkau adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1
Jakarta tahun pelajaran 2014/2015. Sedangkan sampel yang terpilih adalah
kelas XI IPA1, XI IPA2, XI IPA3 dan XI IPA4.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) kemampuan pemahaman matematis
kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran TPS lebih tinggi
daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (2) terdapat
pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan efikasi diri terhadap
kemampuan pemahaman matematis siswa; (3) siswa dengan efikasi diri tinggi
yang menggunakan model pembelajaran TPS lebih tinggi daripada siswa yang
menggunakan pembelajaran konvensional, dan (4) siswa dengan efikasi diri
rendah tidak ada perbedaan kemampuan pemahaman matematis antar siswa
yang menggunakan model pembelajaran TPS dengan yang menggunakan
pembelajaran konvensional.
Kata kunci: kemampuan pemahaman matematis, model pembelajaran TPS dan
efikasi diri.
Bibliografi : lembar 97-99
TM00001420 | TM 1420 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain