Text
Pengaruh metode pembelajaran PBL (Problem Based Learning), TAI (Team Accelerated Instruction) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan stoikionometri di SMAN 92 Jakarta
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING),
TAI (TEAM ACCELERATED INSTRUCTION) DAN MOTIVASI BELAJAR
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STOIKIOMETRI
DI SMAN 92 JAKARTA
AGNES SUKASNI
ABSTRAK
Model pembelajaran dalam proses belajar mengajar sangat berperan dalam keberhasilan
belajar siswa. Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan memperbesar peluang pencapaian
keberhasilan belajar. Langkah yang dapat diupayakan oleh seorang guru adalah dengan melakukan
pendekatan-pendekatan secara individu kepada siswa yang memiliki kemampuan di bawah rata-rata
untuk memberikan bantuan dalam pemahaman materi agar tidak tertinggal oleh siswa lain dan
memberikan motivasi agar siswa yang bersangkutan mau berusaha seperti siswa lain. Salah satu
upaya meningkatkan kualitas yang tinggi hasil belajar adalah dengan penyempurnaan proses belajar
melalaui metode pembelajaran yang tepat. Salah satu bentuknya ialah Pembelajaran Kooperatif
Model Problem Based Learning (PBL) dan Team Accelerated Instruction (TAI).
Oleh karenanya penelitian ini dilakukan karena Metode Pembelajaran Kooperatif Model
Problem Based Learning (PBL) dan Team Accelerated Instruction (TAI) ,mampu melatih siswa untuk
lebih aktif dalam kegiatan belajar, serta siswa lebih bisa bekerjasama dengan siswa lain dalam
berdiskusi, siswa lebih aktif dalam pembelajaran, siswa lebih sering mengajukan pertanyaan tentang
materi yang dijelaskan secara utuh, siswa lebih berani menjawab pertanyaan dan mengemukakan
pendapat.Dengan demikian hasil belajar yang optimal yang lebih baik terpenuhi.
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: 1.Hasil belajar kimia antara peserta didik yang
mendapat pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran TAI dan metode pembelajaran
PBL pada pokok bahasan Stoikiometri. 2.Hasil belajar kimia antara peserta didik yang mempunyai
motivasi belajar tinggi dengan siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah diberi metode
pembelajaaran TAI pada pokok bahasan Stoikiometri . 3. Hasil belajar kimia antara peserta didik yang
mempunyai motivasi belajar tinggi yang diberi metode pembelajaran TAI dan yang diberi metode
pembelajaran PBL pada pokok bahasan Stiokiometri, 4. Hasil belajar kimia antara peserta didik yang
mempunyai motivasi belajar rendah yang diberi metode pembelajaran TAI dan yang diberi metode
pembelajaran PBL pada pokok bahasan Stoikiometri. 5. Hasil belajar kimia antara peserta didik
dengan model pembelajaran TAI dan motivasi tinggi dengan model pembelajaran PBL dan motivasi
belajar yang tinggi.pada pokok bahasan Stoikiometri
Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan teknik Random
Sampling, adapun sampel penelitian mengambil secara acak siswa kelas X IPA2 sebagai kelas
kontrol menggunakan metode PBL dan XIPA1 sebagai kelas eksperimen menggunakan metode TAI.
Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dan motivasi dengan menggunakan pernyataan
dalam bentuk pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban yaitu SS, S, RR, dan TS. Teknik analisis data
yang digunakan adalah analisis statistik kuantitatif dengan bantuan SPSS dan analisis kualitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen adalah
35 dan pada kelompok kontrol adalah 31 serta hasil rerata respon siswa kelas eksperimen 30.00 dan
26.00 pada kelas kontrol. Data hasil belajar dari masing-masing kelas diuji hipotesis menggunakan
uji-t serta data hasil belajar dan data respon siswa diuji hipotesis menggunakan uji regresi linear
sederhana. Dari uji-t diperoleh hasil yaitu thitung (.854) > ttabel (.361) sehingga terdapat perbedaan
hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan penelitian ini: (1) Terdapat
perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan
menggunakan metode pembelajaran TAI dan metode pembelajaran PBL. Signifikansi perbedaan
ditunjukkan oleh nilai Sig. (2-tailed) = 0.000; yang berarti perbedaan tersebut signifikan.pada table
4.12. (2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa dengan motivasi belajar tinggi
dan siswa dengan motivasi belajar rendah. Signifikansi perbedaan ditunjukkan oleh nilai Sig. (2-
tailed) = 0.000; yang berarti perbedaan tersebut signifikan.Pada table 4.13. (3) a. Terdapat perbedaan
hasil belajar kimia antara peserta didik yang mempunyai motivasi belajar tinggi yang diberi metode
pembelajaran TAI (kelompok 1) dan yang diberi metode pembelajaran PBL (kelompok 2). Perbedaan
tersebut ditunjukkan oleh nilai Mean Difference (I-J) = positif 6.0. Hal ini berarti hasil belajar kimia
peserta didik dengan motivasi belajar tinggi yang diberi metode pembelajaran TAI lebih tinggi
daripada hasil belajar kimia peserta didik dengan motivasi belajar tinggi yang diberi metode
pembelajaran PBL. Signifikansi perbedaan tersebut ditunjukkan oleh nilai Sig. = 0.000 < tingkat
kesalahan penelitian 5%.
b. Terdapat perbedaan hasil belajar kimia antara peserta didik yang mempunyai motivasi belajar
rendah yang diberi metode pembelajaran TAI (kelompok 3) dan yang diberi metode pembelajaran
PBL (kelompok 4). Perbedaan tersebut ditunjukkan oleh nilai Mean Difference (I-J) = positif 5.9. Hal
ini berarti hasil belajar stoikiometri peserta didik dengan motivasi belajar rendah yang diberi metode
pembelajaran TAI lebih tinggi daripada hasil belajar kimia peserta didik dengan motivasi belajar
rendah yang diberi metode pembelajaran PBL. Signifikansi perbedaan tersebut ditunjukkan oleh nilai
Sig. = 0.000 < tingkat kesalahan penelitian 5%.. (table 4.14). Agar mendapat hasil yang optimal
penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model TAI (Team Accelerated Instruction ) dan PBL
(Problem Based Learning) maka harus disediakan alokasi waktu yang cukup agar tidak mengurangi
tahap-tahap yang harus dilakukan dalam metode pembelajaran tersebut.
Kata Kunci : PBL (Problem Based Learning), TAI (Team Accelerated Instruction), motivasi
belajar, hasil belajar,stoikiometri.Bibliografi : lembar 116-119
TM00001421 | TM 1421 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain