Text
Pengaruh pemahaman grafik dan pemahaman diagram terhadap hasil belajar fisika siswa SMA
ABSTRAK
PENGARUH PEMAHAMAN GRAFIK DAN DIAGRAM
TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA
Oleh
Arya Priyambada
Hasil belajar fisika pada umumnya sangat rendah. Saat ini cara yang sudah biasa dilakukan adalah dengan memberikan penjelasan teori beserta rumus-rumus yang berlaku dilanjutkan dengan latihan soal. Untuk itu perlu ada alternatif media pengganti dalam memudahkan pemahaman fisika. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah pemberian pemahaman diagram dan grafik berpengaruh terhadap hasil belajar fisika. Diantara pemahaman diagram dan grafik yang manakah yang paling berpengaruh dominan terhadap hasil belajar fisika di Kelas XII IPA kota Bekasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metoda KuasiEksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XII IPA dikota Bekasi. Sedangkan sampelnya adalah siswa SMA 9 dan SMA 11 terutama Kelas XII IPA Kota Bekasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok kontrol yang berjumlah 133 orang dan kelompok perlakuan berjumlah 143 orang. Masing-masing kelompok diberi soal diagram dan grafik. Kesimpulan hasil penelitian ini diketahui metode diagram dan grafik berpengaruh terhadap hasil belajar Fisika. Hasil Uji juga menunjukan bahwa terdapat dua perbedaan antara dua metode. Dimana metode grafik lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar fisika daripada metode diagram.
Bibliografi : lembar 61-63
TM00001423 | TM 1423 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain