Text
Pengaruh penggunaan mind mapping dan peran kreativitas terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri di Jakarta Barat pada materi keanekaragaman mahluk hidup
ABSTRAK
Astin Julaikhah. Pengaruh Penggunaan Mind Mapping Dan Peran Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri Di Jakarta Barat Pada Materi Keanekaragaman Mahluk Hidup. Tesis Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Negeri Jakarta. Tahun 2016
Usaha peningkatan hasil belajar merupakan satu tantangan yang harus dilakukan, salah satunya adalah dengan pemanfaatan mind mapping dan kreatifitas siswa, sehingga penelitian mengenai Mind Mapping dan Kreativitas terhadap hasil belajar Siswa perlu dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa. (2) Untuk mengetahui pengaruh tingkat kreativitas terhadap hasil belajar siswa. (3) Untuk mengetahui pengaruh interaksi antara metode mind mapping dan tingkat kreativitas secara bersama terhadap hasil belajar siswa, pada materi Keanekaragaman Mahluk Hidup. Populasi penelitian adalah seluruh siswa di salah satu SMP Negeri Jakarta Barat, sedangkan sampel berasal dari beberapa kelas. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen sedang desain yang digunakan adalah factorial group design dengan rancangan 3 x 2. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah total seluruh siswa dalam kelas yang diberi perlakuan, atau sebanyak 102 siswa dari kelas VII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan dengan cara tes, yaitu . tes kreatifitas, dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analysis of variance atau anava dua arah (Two Way Anova. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Mind Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang diberikan metode pembelajaran Mind Mapping dengan Bimbingan (Author Provided Mind Mapping), Mind Mapping mandiri (Student Generated Mind Mapping), dan tanpa Mind Mapping. (2) Kreativitas berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, karena terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang memiliki kreativitas tinggi dan yang memiliki kreativitas rendah. (3) Interaksi Mind Mapping dan Kreativitas tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, karena tidak Terdapat perbedaan hasil belajar siswa akibat interaksi penggunaan mind mapping dan tingkat kreativitas pada materi Keanekaragaman Mahluk Hidup
Keywords : Metode Pembelajaran Mind Mapping dengan Guru terlatih, Mind Mapping Mandiri, dan tanpa Mind Mapping, Tingkat Kreativitas
Bibliografi : lembar 57-60
TM00001425 | TM 1425 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain