Text
Pengaruh model pembelajaran problem based learning dan kemampuan verbal terhadap hasil belajar kognitif pada materi sistem reproduksi manusia
ABSTRAK
NURMAN ARIFIN. Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dan Kemampuan Verbal Terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. Tesis. Jakarta: Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Problem Based Learning dan Kemampuan Verbal terhadap hasil belajar kognitif pada materi sistem reproduksi manusia. Penelitian dilakukan pada semester ganjil bulan September sampai dengan November tahun ajaran 2015/2016 di Madrasah Aliyah Negeri 16 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling. Kelas yang digunakan sebanyak 2 kelas, satu kelas yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan satu kelas diajar dengan pembelajaran model STAD. Instrumen yang digunakan pada penelitian awal berupa lembar observasi awal pembelajaran biologi. Instrumen yang digunakan pada penelitian berupa lembar pengamatan keterlaksanaan model pembelajaran Problem Based learning dan STAD, kuesioner hasil belajar biologi ranah kognitif dan tes kemampuan verbal serta lembar kerja peserta didik. Uji normalitas data menggunakan uji Liliefors, uji homogenitas menggunakan uji Bartlett dan teknik analisis data menggunakan anava dua jalan. Hasil penelitian menunjukan: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan STAD terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem reproduksi manusia; 2) Tidak terdapat pengaruh tingkat kemampuan verbal tinggi dan rendah terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem reproduksi manusia; 3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran (Project Based Learning dan STAD) dan tingkat kemampuan verbal terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem reproduksi manusia.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Student Teams Achievement Divitions,
Kemampuan Verbal, Hasil Belajar.
Bibliogarfi : lembar 66-70
TM00001426 | TM 1426 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain