Text
Motivasi belajar IPS pada siswa Sekolah Kristen (studi kasus di SMPK Almasih Jakarta)
ABSTRAK
RICHARD HANDRIS, MOTIVASI BELAJAR IPS PADA SISWA SEKOLAH
KRISTEN DI SMPK ALMASIH JAKARTA. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar dalam
mata pelajaran IPS di SMPK Almasih Kecamatan Grogol-Petamburan, Jakarta Barat,
yang dilakukan pada bulan September 2014 sampai dengan Maret 2015. Metode yang
digunakan dalam melakukan penelitian adalah metode kualitatif. Data diperoleh
melalui pengamatan, observasi kelas, wawancara, serta dokumen. Sumber data yang
digali terdiri dari informan kunci yaitu Kepala Sekolah, Pengelola SMPK Almasih
dan juga guru IPS, serta informan inti yaitu siswa kelas VIII dan IX SMPK Almasih.
Berdasarkan penelitian motivasi belajar IPS pada siswa kelas VIII dan IX di
SMPK Almasih dapat dilihat dua faktor utama yang berperan besar dalam
mempengaruhi motivasi belajar, yaitu faktor kebutuhan akan penghargaan dalam hal
ini adalah nilai dan faktor persepsi atau cara pandang terhadap pelajaran IPS. Dua
faktor lain, yaitu minat atau kegemaran dan harapan terhadap cita-cita juga
memberikan pengaruh, namun pengaruh yang diberikan kepada siswa dalam
penelitian ini masih lebih kecil dibandingkan faktor kebutuhan akan penghargaan dan
faktor persepsi atau cara pandang. Faktor persepsi atau cara pandang terhadap
pelajaran IPS terbentuk karena motivasi dari luar diri atau eksternal yang disebabkan
oleh guru yang mengajar IPS. Para siswa merasa jenuh dan bosan terhadap pelajaran
IPS dikarenakan guru yang mengajar kurang kreatif. Hal ini mempengaruhi motivasi
siswa untuk belajar IPS lebih lanjut.
Kata Kunci : Motivasi belajar, mata pelajaran IPS, SMP Kristen, SMPK Almasih
Bibliografi : lembar 113-115
SS00008701 | SK 8701 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain