Text
Pengaruh Kemampuan kepemimpinan camat terhadap kualitas pelayanan publik di kecamatan Jakarta Selatan
ABSTRAK
Rezy Dwi Hardyansyah Ismar. Pengaruh Kemampuan Kepemimpinan Camat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. Skripsi. Jakarta: Program Studi Sosiologi Pembangunan, Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara kemampuan kepemimpinan camat terhadap kualitas pelayanan publik yang terdapat di Kantor Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan ini. Kepemimpinan seorang kepala sangat dibutuhkan di dalam menjalankan suatu organisasi. Sukses atau tidaknya organisasi yang dikelola juga ditentukan oleh kinerja pemimpin. Oleh karena itu, di dalam penelitian ini memiliki permasalahan penelitian yaitu: Apakah terdapat suatu pengaruh antara Kemampuan Kepemimpinan Camat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik yang terdapat di Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara menyebarkan angket/ kuesioner. Angket/ kuesioner ini yang berisi pertanyaan yang sudah dibuat oleh penulis dengan alternatif berbagai jawaban. Variabel independen yang terdapat dalam penelitian ini adalah kemampuan kepemimpinan camat. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan publik. Jumlah populasi dalam penelitian ini secara keseluruhan adalah 260.696 jiwa yang diambil berdasarkan data Laporan Bulanan Kecamatan Tebet pada bulan Februari 2015. Sedangkan besaran sampel yang dibutuhkan di dalam penelitian ini adalah sebanyak 80 orang responden. Adapun sampel yang dilakukan di dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik insidental sampling. Yaitu, cara penarikan sampel ini dilakukan berdasarkan pada suatu kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan penulis dan dianggap dapat digunakan sebagai sampel.
Kesimpulan yang dapat penulis dapatkan berdasarkan pada hasil analisis data mentah menunjukkan bahwa terdapat suatu pengaruh antara kemampuan kepemimpinan camat terhadap kualitas pelayanan publik. Hal ini di dasarkan pada hasil uji korelasi sebesar 0.719, yang artinya memiliki korelasi yang kuat karena hampir mendekati angka 1. Hubungan ini berada pada signifikansi 0.00 < α 0.05 yang artinya terdapat suatu hubungan yang signifikan antara kedua variabel kemampuan kepemimpinan camat dengan kualitas pelayanan publik. Sedangkan, koefisien determinasi yang terdapat pada penelitian ini sebesar 0,518 sehingga dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan publik dapat ditentukan oleh Kemampuan Kepemimpinan sebesar 51,8%. Sedangkan sisanya (100-51,8) yaitu 48,2% ditentukan oleh factor- faktor lain selain kemampuan kepemimpinan camat.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Kualitas Pelayanan, Birokrasi dan Organisasi
Bibliografi : lembar 130-131
SS00008702 | SK 8702 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain