Text
Thematic structure in English textbook and esp-textbook texts : a content analysis
ABSTRAK
Siti Nafisah. 2016. Struktur Tematik pada Buku Inggris dan Buku ESP Teks: Analisa isi. Tesis. Jakarta. Jurusan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Struktur tematik pada Buku Inggris Teks dan Buku Teks ESP mempunyai perbedaan yang sangat signifikan pada bentuk dan fungsi pada tema, sehingga kebutuhan untuk memahami teks-teks, siswa telah mengalami kesulitan untuk memahami teks-teks secara benar. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bentuk dan fungsi tema struktur tematik dalam buku Inggris teks dan buku teks ESP, Data penelitian terdiri dari empat teks dari dua buku yang berbeda, dua teks diambil diambil dari Buku Inggris Teks dan dua teks yang lain diambil dari buku teks ESP. Penelitian kualitatif dengan analisis isi sebagai metodologi dalam studi ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk Tema pada Buku InggrisTeks dan teks Buku ESP menunjukkan memiliki persamaan. Pertama, tema topikal yang sering muncul adalah berfungsi sebagai partisipan, keadaan dan proses. Tema selanjutnya adalah Tema tekstual yang berfungsi sebagai penghubung tambahan. Fungsi tema pada Buku Inggris Teks dan Buku ESP teks menunjukkan perbedaan. Pertama, buku Inggris teks menggunakan identifikasi dan atributive relasional menggunakan proses relasional yang berfungsi sebagai identifikasi dan attributive relasional sebagai penjelasan. Fungsi tema lainnya adalah sebagai material proses yang berfungsi sebagai proses tindakan. Buku teks ESP menggunakan material proses sebagai fungsi proses tindakan. Kemudian fungsi tema selanjutnya adalah prosess relasional yang fungsi keduanya sebagai penjelasan dan prosess tindakan. Berdasarkan temuan ini, dalam Buku teks bahasa Inggris, pola tema dipisahkan, dari segi penjelasan dan proses melakukan. Sementara di Buku teks ESP, pola tema tidak dipisahkan. Oleh karena itu, teks dalam Buku teks bahasa Inggris dapat dipahami sedangkan teks di Buku teks ESP tidak mudah dipahami bagi siswa.
Kata kunci: Bentuk dan funsi tema, Buku teks bahasa Inggris, Buku teks ESP, SFL.
ABSTRACT
Siti Nafisah. 2016. Thematic Structure in English Textbook and ESP-textbook Texts: A Content Analysis. Thesis. Jakarta. English Department, Faculty of Language and Art, Universitas Negeri Jakarta.
Thematic structure in English Textbook and ESP-textbook has a significant difference in the form and functions of themes, therefore students have difficulty in understanding those texts. The study aims to investigate the form and functions of themes of the thematic structure in English Textbook and ESP-textbook. The study employed qualitative research with content analysis as the method of this study. The instrument to analyse clauses in texts are using tables of analysis from systemic functonal linguistics to identify and classify the form and functions of themes. The data of the study are four texts taken from two different books; two texts were taken from English Textbook and the other two texts were taken from ESP-textbook. The findings showed that the form of themes in English Textbook and ESP textbook have the similarities. Firstly, most topical themes are functioning as participants, circumstance and process. The next similiarities of the form of themes is textual theme which functions as adjunct conjunctive in those texts. The other findings showed that the functions of themes in English Textbook and ESP textbook have some differences. First, in English Textbook, the functions of themes used are dominantly on relational process which functioning as identifier, attributive and explaining, whereas, in ESP-textbook, the functions of themes used are still on relational process which function to explain and describe the process of doing. The next difference of the functions of themes is the usage of material process. The usage of material process in ESP-textbook is to describe the process of doing. Based on these findings, in English Textbook, the pattern of themes is separated, in terms of the explanations and the process of doing. While in ESP-book, the pattern of themes is not separated. Therefore, the text in English Textbook can be understood while the text in ESP-textbook difficult to understand for students.
Keywords: The form and functions of themes, English Textbook, ESP textbook, SFL.
Bibliografi : lembar 74-77
TM00001429 | TM 1429 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain