Text
Pengaruh model pembelajaran Beyond Centers and Circle Times (BCCT) dan kemandirian terhadap kreativitas : studi ex post facto pada kelompok TK B di Jakarta Barat 2015
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BEYOND CENTERS And CIRCLE TIMES (BCCT) DAN KEMANDIRIAN TERHADAP KREATIVITAS
Studi Ex Post Facto pada Kelompok TK B di Jakarta Barat 2015
ADIANTI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh model pembelajaran Beyond Centers and Circle Times (BCCT) dan kemandirian anak terhadap kreativitas kelompok TK B di Jakarta Barat. Sampel penelitian ini sebanyak 34 anak yang diambil dengan menggunakan teknik multi stage random sampling. Instrumen menggunakan kuesioner kemandirian dan alat tes kreativitas. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat perbedaan hasil anak dengan kreativitas rendah antara kelompok BCCT dan Non BCCT 2) terdapat perbedaan hasil anak dengan kreativitas tinggi antara kelompok BCCT dan Non BCCT. 3) terdapat pengaruh interaksi antara BCCT dan kemandirian terhadap kreativitas 4) terdapat perbedaan hasil anak dengan kemandirian rendah antara kelompok BCCT dan Non BCCT 5) terdapat perbedaan hasil anak dengan kemandirian tinggi antara kelompok BCCT dan Non BCCT.
Keywords: Beyond Center and Circle Time, Kemandirian, Kreativitas.
Bibliografi : lembar 103-106
TM00001431 | TM 1431 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain