Text
Peran rumah singgah dalam pemberdayaan pendidikan nonformal anak jalanan (studi kasus rumah singgah Tjiliwoeng Tebet Jakarta Selatan)
ABSTRAK
Danty Damayanti, Peran Rumah Singgah Dalam Pemberdayaan Pendidikan Anak Jalanan (Studi Kasus Rumah Singgah Tjiliwoeng, Tebet, Jakarta Selatan). Skripsi: Program Studi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Januari, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Rumah Singgah dalam memberdayakan pendidikan anak jalanan, faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi dalam pelaksanaan program, serta mengetahui bagaimana hasil dari pelaksanaan program pemberdayaan pendidikan melalui Rumah Singgah tersebut
Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan metode kualitatif. Yang menjadikan peneliti sebagai instrumen pengumpulan data yang mengumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan analisa dokumen. Data yang terkumpul diperiksa keabsahannya menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, triangulasi, kecukupan referensial, auditing dengan dosen pembimbing, analisis data dilakukan mengikutin model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Rumah Singgah berperan sangat penting dalam menanggulangi masalah anak-anak jalanan khususnya dalam pemberdayaan pendidikan melalui pelaksanaan program pendidikan nonformal yang ada di Rumah Singgah anak-anak jalanan diharapkan untuk bisa memenuhi pendidikan mereka sampai dengan selesai.
Kata Kunci: Anak Jalanan, Pemberdayaan, Pendidikan, Rumah Singgah
SS00008709 | SK 8709 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain