Text
Perilaku keagamaan Islam pada anak : studi fenomenologi di Kelompok B Taman Kanak-kanak Permata Sunnah, Banda Aceh Tahun 2015
PERILAKU KEAGAMAAN ISLAM PADA ANAK
(Penelitian Fenomenologi di Kelompok B
Taman Kanak-kanak Permata Sunnah, Banda Aceh Tahun 2015)
SITI NAILA FAUZIA
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-kanak Permata Sunnah Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) Gambaran perilaku keagamaan Islam pada anak meliputi: anak paham tentang ajaran Islam, anak bersikap baik terhadap sesama makhluk ciptaan Allah, dan anak terampil dalam beribadah, (2) Proses pendidikan TK Permata Sunnah, antara lain: kurikulum menggunakan kurikulum 2013, program unggulan TK Permata Sunnah adalah tahfidzul Quran, strategi pelaksanaan program dilaksanakan melalui pembiasaan belajar sambil bermain. Metode pembelajaran menggunakan model sentra, (3) Aspek guru dalam membentuk perilaku keagamaan Islam pada anak meliputi: latar belakang pendidikan, guru sebagai model, dan peran guru, (4) Dukungan orang tua dalam membentuk perilaku keagamaan Islam pada anak adalah adanya dukungan di rumah, dan adanya kerjasama yang terjalin antara orang tua dengan pihak sekolah, (5) Gambaran keberhasilan TK Permata Sunnah dalam membentuk perilaku keagamaan Islam pada anak ditunjukkan pada perubahan perilaku yang dialami anak, dan adanya kepercayaan masyarakat terhadap sekolah.
Kata kunci: Pembentukan, Perilaku Keagamaan, Islam, Anak Usia Dini
Bibliografi : lembar 165-169
TM00001434 | TM 1434 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain