Text
Perbedaan hasil belajar jaringan dasar berdasarkan model pembelajaran yang digunakan
ABSTRAK
HENDRA WICAKSONO. Perbedaan Hasil Belajar Jaringan Dasar Berdasarkan Model Pembelajaran Yang Digunakan. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika, Konsentrasi Telekomunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dan perbedaan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran jaringan dasar dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization dan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition di SMK Perguruan Cikini Jakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain penelitian yang digunakan yaitu “post-test only control design”. metode eksperimen dalam penelitian memberikan perlakuan berbeda terhadap dua kelas. Kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas X TKJ 2 sebagai kelas kontrol. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarnya digunakan teknik analisis data uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Ada perbedaan hasil belajar peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization dengan yang belajar menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dengan thitung sebesar 2,23. Dengan nilai ttabel 1,671 pada taraf signifikan α = 5%. Dari hasil tersebut didapat bahwa nilai thitung > ttabel;
Kata kunci : Model Pembelajaran Team Assisted Individualization, Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition, Penelitian Eksperimen, Hasil Belajar Peserta Didik
Bibliografi: lembar 62
SS00008598 | SK 8598 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain