Text
Hubungan antara motivasi berprestasi dan kompetensi profesional dengan prestasi kerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang
ABSTRAK
HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DAN KOMPETENSI PROFESIONAL DENGAN PRESTASI KERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN PAGEDANGAN KABUPATEN TANGERANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi berprestasi dan kompetensi profesional dengan prestasi kerja guru sekolah dasar negeri Di Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitan ini adalah metode kuantitatif korelasional. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengolah data adalah teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan 30 sampel. Hasil Penelitian ini diketahui bahwa: (1) Ada hubungan positif yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan prestasi kerja guru SD. Variabel bebas pertama memberikan sumbangan relatif sebesar 51% dan sumbangan efektif sebesar 22% dengan total sumbangan prediktor sebesar 73% terhadap prestasi kerja guru. ini memberikan makna semakin baik motivasi berprestasi seorang guru maka semakin baik pula prestasi kerja guru SD tersebut. (2) Ada hubungan positif yang signifikan antara kompetensi profesional guru dengan prestasi kerja guru SD. Variabel bebas kedua memberikan sumbangan relatif sebesar 49% dan sumbangan efektif sebesar 21% dengan total sumbangan prediktor sebesar 70% terhadap prestasi kerja guru dalam membentuk regresi linier antara variabel bebas dengan variabel terikat. Ini memberikan makna kompetensi profesional memiliki hubungan langsung terhadap prestasi kerja guru SD, semakin baik kompetensi professional yang dimiliki oleh guru SD maka semakin baik pula prestasi kerja yang dihasilkan. (3) Ada hubungan positif yang signifikan antara motivasi berprestasi dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama dengan prestasi kerja guru SD, motivasi berprestasi dan kompetensi profesional guru memberikan sumbangan relatif 100% dan sumbangan efektif 43% terhadap prestasi kerja guru SD dalam membentuk regresi linier antara variabel bebas dengan variabel terikat. Ini memberikan makna bahwa motivasi berprestasi dan kompetensi professional memberikan kontribusi terhadap prestasi kerja guru SD. Kontribusi motivasi berprestasi dan kompetensi profesional sebesar 43% dengan prestasi kerja guru merupakan sumbangan yang cukup berarti untuk meningkatkan prestasi kerja guru.
Kata kunci: motivasi berprestasi, kompetensi profesional, prestasi kerja guru SD
Bibliografi : lembar 139-142
TM00001440 | TM 1440 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain