Text
Evaluasi program praktik kerja industri (prakerin) kompetensi keahlian administrasi perkantoran di SMK Uswatun Hasanah Jakarta
EVALUASI PROGRAM PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK USWATUN HASANAH JAKARTA
Melisa Laraswati
ABSTRAK
Penelitian evaluasi ini bertujuan untuk menilai program prakerin sebagai salah satu program untuk meningkatkan kompetensi peserta didik dalam memasuki dunia usaha/dunia industri. Penelitian ini menggunakan model evaluasi program CIPP yang diadaptasi dari model evaluasi menurut Stufflebeam, yaitu terdiri dari context, input, process, dan product. Penelitian dilaksanakan di SMK Uswatun Hasanah, Jakarta Timur, dengan responden sebanyak 115 orang (100 orang peserta didik, 10 guru pembimbing, dan 5 orang pihak DU/DI). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan penyebaran kuesioner, wawancara terstruktur, dan analisis dokumen. Kuesioner dan analisis dokumen dianalisis berdasarkan jumlah skor yang didapat dari setiap aspek, yaitu 1-4 kemudian diuraikan secara deskriptif, sedangkan wawancara dianalisis dengan uraian singkat. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari aspek context termasuk dalam kriteria baik yang menyatakan bahwa tujuan dan lingkungan program telah sesuai dengan kebijakan pemerintah dan kompetensi administrasi perkantoran serta telah disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Hasil dari aspek input termasuk dalam kriteria baik yang menyatakan bahwa sarana dan prasarana yang disediakan sudah sesuai dengan bidang usaha untuk menunjang program prakerin serta pemahaman peserta didik terhadap program prakerin. Hasil dari aspek process yang mencakup persiapan, pelaksanaan, monitoring, dan hambatan yang dialami peserta didik telah berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan program. Kemudian hasil dari aspek product termasuk dalam kriteria baik yang menyatakan bahwa hasil akhir laporan prakerin dan uji kompetensi peserta didik telah mencapai nilai di atas rata-rata. Implikasi hasil penelitian adalah program prakerin yang dijalankan SMK Uswatun Hasanah berjalan dengan baik sehingga program prakerin dapat meningkatkan kompetensi peserta didik dalam memasuki dunia usaha/dunia industri.
Kata kunci: CIPP, Praktik Kerja Industri, Evaluasi
Bibliografi : lembar
SS00008752 | SK 8752 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain