Text
Pengaruh pendekatan open-ended dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan pemahaman dan koneksi matematis siswa ditinjau dari self-efficacy
PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED DENGAN PEMBELAJARAN
KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN
DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF-EFFICACY
(Eksperimen di SMK Negeri 9 Kota Bekasi)
NURIMANI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan open-ended
dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan pemahaman
dan koneksi matematis siswa ditinjau dari self-efficacy. Penelitian dilakukan di
SMK Negeri 9 Kota Bekasi menggunakan metode eksperimen yang dilakukan
kepada 54 siswa. Pengambilan data diperoleh melalui angket dan dianalisis
menggunakan ANAVA dua jalur dengan desain treatment by level. Hasil penelitian
menunjukan bahwa, (1) tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis
siswa yang menggunakan pendekatan open-ended dengan pembelajaran kooperatif
tipe STAD dan pembelajaran ekspositori, (2) tidak terdapat pengaruh interaksi selfefficacy
dan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan openended
terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa, (3) tidak terdapat
perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa yang menggunakan pendekatan
open-ended dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran
ekspositori, (4) terdapat pengaruh interaksi self-efficacy dan penerapan pembelajaran
kooperatif tipe STAD dengan pendekatan open-ended terhadap kemampuan koneksi
matematis siswa, (5) pada kelompok siswa yang memiliki self-efficacy tinggi, tidak
terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa yang menggunakan
pendekatan open-ended dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan
pembelajaran ekspositori, (6) pada kelompok siswa yang memiliki self-efficacy
rendah, kemampuan koneksi matematis siswa yang menggunakan pendekatan openended
dengan pembelajaran ekspositori lebih baik dari pembelajaran kooperatif tipe
STAD.
Kata Kunci : pendekatan open-ended, pembelajaran kooperatif tipe STAD,
kemampuan pemahaman matematis, kemampuan koneksi
matematis, self-efficacy siswa
Bibliografi : lembar 134-136
TM00001446 | TM 1446 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain