Text
Upaya meningkatkan keyakinan peserta didik dan pemahaman konsep matematika melalui pendekatan sains (scientific approach) di kelas X MIA2 SMA Islam PB Soedirman 2 Bekasi
UPAYA MENINGKATKAN KEYAKINAN PESERTA DIDIK
DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SAINS (SCIENTIFIC APPROACH)
DI KELAS X MIA2 SMA ISLAM PB SOEDIRMAN 2 BEKASI
WAGINO
ABSTRAK
Pendekatan Saintifik merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang dicanangkan dalam penerapan kurikulum 2013. Pendekatan ini digunakan dalam penelitian untuk meningkatkan keyakinan peserta didik dan pemahaman konsep terhadap matematika. Keyakinan terhadap matematika membuat peserta didik lebih bersemangat untuk belajar matematika, tidak mudah putus asa dalam mempelajari konsep-konsep yang rumit, dan lebih tertantang untuk menyelesaikan persoalan-persoalan matematika. Keyakinan terhadap matematika peserta didik dapat mendorong peserta didik lebih mandiri dalam menafsirkan, mengeksplorasi, dan mengembangkan suatu solusi. Pemahaman konsep matematika merupakan pintu utama dalam memahami dan mengembangkan ilmu matematika, rendahnya pemahaman konsep matematika di kalangan peserta didik merupakan salah satu alasan mengapa matematika kurang disukai oleh pelajar indonesia. Penelitian ini ingin mengetahui apakah dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan keyakinan peserta didik dan pemahaman konsep terhadap matematika, meningkatkan partisipasi peserta didik dalam menalar dan mengomunikasikan materi matematika selama pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengambil 6 orang subyek penelitian dari kelas X MIA 2, SMA Islam PB. Soedirman 2 Bekasi tahun pelajaran 2014/2015. Keenam peserta didik yang diambil terdiri dari 2 (dua) orang yang memiliki kemampuan matematika baik, 2 (dua) orang memiliki kemampuan rata-rata dan 2 (dua) orang memiliki kemampuan di bawah rata-rata. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes pemahaman konsep, lembar observasi, angket, kamera, alat perekam. Data yang di dapat di analisis secara kualitatif deskriftip.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik dapat meningkatkan keyakinan terhadap matematika peserta didik dan kemampuan pemahaman konsep matematika meskipun masih ada satu orang di akhir siklus masih memiliki nilai di bawah KKM, namun secara umum meningkat. Pendekatan saintifik juga secara perlahan meningkatkan partisipasi peserta didik dalam menalar dan mengomunikasikan materi matematika selama pembelajaran.
Kata kunci: pendekatan saintifik, keyakinan, pemahaman konsep.
Bibliografi : lembar 181-183
TM00001447 | TM 1447 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain