Text
Manajemen sanggar tari Ratna Sari dalam prespektif industri kreatif
ABSTRAK
Nurlathifah. 2016. “Manajeman Sanggar Tari Ratna Sari dalam prepektif Industri Kreatif”. Skripsi, Pendidikan Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta.
Skripsi ini mengkaji tentang Manajemen Sanggar Tari Ratna Sari sebagai Industri Kreatif di Taman Mini Indonesia Indah, bertujuan menegetahui Manajemen di Sanggar tersebut mulai dari manajemen produksi di Sanggar, manajemen pemasaran, manajemen distribusi, manajemen finansial, serta data Industri Kreatif masuk kedalam penilaian kondisi pondasi dan pilar subsektor seni tari pertunjukan di Sanggar Ratna Sari.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Tehnik pengumpulan data data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka dan studi dokumen. Untuk memperoleh keabsahan data penelitian ini menggunakan tehnik trianggulasi data.
Hasil data yang ada pada penelitian ini yaitu manajemen di Sanggar Tari Ratna Sari yang memproduksikan karya tarinya, dan bagaimana pengolahan manajemen pemasaran, manajemen distribusi, manajemen finansial, untuk menjdi sebuah usaha Industri Kreatif melalui Karya-karya yang di miliki Sanggar Ratna Sari salah satu karya tari dari Sanggar Ratna Sati yaitu Tari Nandak Ganjen yang di produksi karna perntaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta penjadi karya tari yang memiliki nilai jual yang tinggi, serta data Industri Kreatif.
Kata kunci : Manajemen industri Kreatif Tari
ABSTRACT
Nurlathifah. 2016. Dance Studio Ratna Sari management as Creative Industries. Paper, Sendratasik Education, Faculty of Language and Art. State University of Jakarta.
This paper examines the management of Ratna Sari Dance Studio as creative industry in Taman Mini Indonesia Indah, aims to know about the management in that studio from the production, marketing, distribution, financial, and the data of creative industry this research used qualitative research method.
This research used qualitative research methods. Techniques of data collection of data by observation, interview, and literature and document research. To obtain the validity of the data, this research used triangulation techniques of data.
The results of this research are management of Ratna Sari Dance Studio which produces the dances and now to management the marketing, distribution and financial to become a creative industry through the products (dances) that Ratna Sari Dance Studio owned. One the masterpiece of Ratna Sari Dance Studio is Nandak Ganjen Dance that produced as the demand of tourism and culture department that has a high value.
Keyword: management Creative Industry Dance
Bibliografi : lembar 60-61
SS00008744 | SK 8744 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain