Text
Analisis lagu bits du bei mir karya Johann Sebastian Bach
ABSTRAK
Melisa Adrinia Fitri. 2016. Analisis Lagu Bist Du Bei Mir Karya Johann Sebastian Bach. Skripsi, Jurusan Seni Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Bist Du bei Mir adalah aria cuplikan dari opera berjudul Diomedes, oder die triumphierende Unschuld karya Gottfried Heinrich Stölzel (1690-1740) yang di dalamnya terdapat teks atau syair lagu bertemakan asmara, kerinduan, pengharapan dan penantian sampai akhir hayat. Sehingga untuk interpretasi lagu Bist Du bei Mir ini dinyanyikan dengan penuh perasaan, tanpa banyak vibrato. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif melalui studi pustaka. Sistematika penulisan ini meliputi pengumpulan, pengolahan, dan menganalisis data bentuk dan struktur lagu Bist Du Bei Mir (BWV 508) karya J.S Bach terkait dengan ritmik, melodi, harmoni, dinamik dan syairnya. Hasil Penelitian karya mendapatkan bahwa bentuk lagu Bist Du bei Mir adalah three part song form atau bentuk lagu tiga bagian berjumlah 45 birama. Setiap unsur musik yang terkandung didalamnya seperti ritmik, melodi, harmoni dan dinamik saling mendukung untuk mendapatkan kesan, suasana atau afeksi yang diinginkan. Lagu ini memakai tonalitas yang disesuaikan dengan isi teks, syair, pilihan tonalitas untuk mewakili suasana hati atau perasaan yang ingin dituangkan (teori afeksi) seperti Eb = tentang asmara; Bb = harapan untuk lebih baik dikemudian hari; C minor = keluh kesah cinta; F Mayor = ketenangan; Ab = keabadian atau kekekalan. Implikasi, Saran dalam membawakan sebuah lagu harus memperhatikan seluruh aspek pendukungnya baik yang teknis seperti kemampuan praktikal yang memadai maupun non teknis seperti Apresiasi, Sejarah, Analisa
ABSTRACT
Bist Du bei Mir is snippet aria of opera entitled Diomedes, oder die triumphierende Unschuld by Gottfried Heinrich Stölzel (1690-1740) in which there is a text or song lyrics themed romance, hope and expectation until the end of life. So as to interpretation the song of Bist Du bei Mir were sung with full of feeling, without much of vibrato. The method used in this research is descriptive analysis through literature. Systematics of this writing include the collection, processing and analyzing the data of form and structure of the song Bist Du Bei Mir (BWV 508) by J.S Bach associated with rhythm, melody, harmony, dynamic and verse. The research works found that the form of the songs Bist Du bei Mir is a three part song form amounted to 45 bars. Every elements of this music contained therein such as rhythm, melody, harmony and dynamics to support each other to get the impression, atmosphere or affection desired. This song using the tonality to customized with text content, poetry, tonality choice to represent a mood or feeling you want poured (theory of affection) such as Eb = about romance; Bb = hope for a better future; C minor = laments of love; F Major = calmness; Ab = immortality or eternity. The implication, suggestion for performing a song must pay attention to all aspects of supporting both the technical as practical skills were inadequate or non-technical such as appreciation, History, Analysis.
Bibliografi : lembar 71-72
SS00008748 | SK 8748 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain