Text
Pengaruh media bola yang diberi angka dan warna berbeda terhadap peningkatan minat belajar pengenalan angka pada anak PAUD
Amalia Nunuh Rasyid
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media bola yang
diberi angka dan warna yang berbeda dalam upaya meningkatkan minat
belajar pengenalan angka pada anak PAUD. Terdapat empat dimensi dari
minat belajar pengenalan angka yaitu meningkatnya perhatian, konsentrasi
yang lebih besar, perasaan senang melakukan usaha dan meningkatnya
keinginan untuk belajar. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen
dengan desain onegroup pretest-posttest. Proses pengambilan data
dilakukan dengan metode observasi yang melibatkan 3 orang penilai. Penilai
melakukan observasi terhadap minat belajar pengenalan angka pada anak
PAUD. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 8 siswa TKIT
Sahabat, Jakarta Timur. Partisipan merupakan anak paud dengan usia 4-5
tahun dari kelas A. Perlakuan dengan media bola dilakukan berkelompok
dengan durasi 12 menit. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji nonparametrik
Mc Nemar dengan menggunakan program aplikasi Microsoft
Excel 2010. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media bola yang diberi
angka dan warna berbeda tidak berpengaruh terhadap peningkatan minat
belajar pengenalan angka pada anak PAUD.
Kata Kunci : minat belajar, media bola, anak PAUD
Bibliografi : lembar 71-73
SS00008772 | SK 8772 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain