Text
Media papan labirin untuk menstimulasi pemerolehan bahasa peserta didik hambatan pendengaran
MEDIA “PAPAN LABIRIN” UNTUK MENSTIMULASI PEMEROLEHAN BAHASA PESERTA DIDIK HAMBATAN PENDENGARAN
(2016)
Dian Dwi Gita
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang dapat mempermudah menstimulasi pemerolehan bahasa bagi peserta didik hambatan pendengaran dalam materi kata kerja dan kata benda. Media Papan Labirin diujicobakan oleh 8 peserta didik kelas 3 di SLB As-Syafi’iyah Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode karya inovasi yang berlandasan model Sugiyono, terdiri dari tujuh tahapan yang telah dikerucutkan terlebih dahulu dari sepuluh tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk,validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, dan revisi produk. Hasil ujicoba tersebut diperoleh rata-rata keseluruhan evaluasi ahli media dengan nilai 3,28 . Rata-rata keseluruhan ahli ketunarunguan dengan nilai 3,50 . Rata-rata keseluruhan ahli materi dengan nilai 3,50 . Jadi, didapatkan rata-rata keseluruhan dari ketiga ahli diperoleh nilai 3,42 yang berarti media ini baik. Hasil bahwa media ini dapat digunakan untuk menstimulasi pemerolehan bahasa peserta didik hambatan pendengaran. Diharapkan guru dapat menggunakan media Papan Labirin dalam mempermudah pelajaran bahasa.
Kata kunci : Media, Papan Labirin, Pemerolehan Bahasa, Hambatan Pendengaran
Bibliografi: lembar 117-118
SS00008805 | SK 8805 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain