Text
Experiencing teaching practice activities (PKM) at SMKN 5 Jakarta Timur (an introspective and retrospective study)
ABSTRAK
Yuliani Rianti. 2016. Pengalaman Praktek Kegiatan Mengajar (PKM) di SMK 5 Jakarta Timur (sebuah penelitian introspektif dan retrospektif). Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi aktivitas Praktek Kegiatan Mengajar (PKM) disekolah, untuk menyelidiki masalah-masalah yang dihadapi mahasiswa selama melakukan praktek kegiatan mengajar disekolah, menganalisis masalah-masalah dan menentukan apakah aktivitas praktek kegiatan mengajar relevan dengan tujuan PKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Introspective dan Retrospective. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang sedang melakukan PKM, siswa, dan guru di SMKN 5 Jakarta Timur dan 5 mahasiswa yang sedang melakukan PKM untuk wawancara. Instrumen penelitian ini adalah peneliti yang melakukan 3 tehnik pengumpulan data meliputi catatan mahasiswa, observasi kelas dan wawancara. Hasil menunjukkan bahwa semua kegiatan yang dilakukan mahasiswa selama PKM dan masalah yang mahasiswa hadapi serta cara mahasiswa menghadapi masalah tersebut membuktikan bahwa Praktek Kegiatan Mengajar (PKM) yang dilakukan mahasiswa sudah relevan dengan tujuan PKM tersebut. Bagaimanapun, mahasiswa tidak hanya melakukan praktek kegiatan mengajar tetapi juga membuat RPP, menyiapkan materi dan media pembelajaran, dan melakukan tugas guru lainnya.
Kata Kunci : Praktek Kegiatan Mengajar (PKM), masalah selama PKM, solusi untuk masalah PKM, relevan, introspektif dan retrospektif.
ABSTRACT
Yuliani Rianti. 2016. Experiencing Teaching Practice Activities (PKM) at SMKN 5 East Jakarta (An Introspective and Retrospective Study). Skripsi. English Department of language and literature, language and art faculty, State University of Jakarta.
This study is aiming at oxploring the PKM activitites at the school, investigating the problems encountered of the PKM student-teacher at the school, analyzing the problems and deciding whether the PKM activities relevant to the purposes of PKM itself. The method employed in the study was introspective and retrospective method. The participants of the study only 1 student-teacher doing PKM, only 1 class of 10th grade students majoring automotive and teachers of SMKN 5 East Jakarta and 5 student-teachers who doing PKM for interview. The instruments was the researcher. It was conducuted through 3 techniques of collecting data, they were student-teacher diary, classroom observation and interviews. The result showed that all the activities that student-teacher has done during PKM, the problems student-teacher faced, and how student-teacher dealts with these problems indicate that the Teaching Practice Activities (PKM) studentteacher doing is relevant to the purposes of the PKM. However, student-teacher does not only conducting teaching practiceactivities but also making lesson plan, preparing materials and media, and doing other activities related teacher’s job.
Keywords : Teaching Practice Activities (PKM), student-teacher problems, student-teacher dealts for these problems, relevance, Introspective and retrospective study.
Bibliografi : lembar 48-50
SS00008496 | SK 8496 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2015.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain