Text
Pengaruh metode go to your post dengan media gambar terhadap kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif siswa kelas VII di SMP Adzkia Islamic School Tangerang Selatan
ABSTRAK
HENDRI RIPA’I Pengaruh Metode Go to Your Post dengan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Teks Tanggapan Deskriptif Siswa Kelas VII SMP Adzkia Islamic School Tangerang Selatan. Skripsi. Jakarta: Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Go to Your Post dengan media gambar terhadap kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif siswa kelas
VII SMP Adzkia Islamic School Tangerang Selatan. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen True Experimental Design: Pre test-Post test Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 50 siswa yang terdiri atas masing-masing 25 siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen
penelitiannya adalah kegiatan menulis teks tanggapan deskriptif dengan teknik analisis data menggunakan perhitungan uji-t. Hasil penghitungan yang didapat dari sampel di atas adalah 78,14 untuk rata-rata hasil post test menulis teks tanggapan deskriptif kelas eksperimen dan 71,26 untuk kelas kontrol. Hasil perhitungan dengan menggunakan perangkat lunak SPSS pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung 0,684 < Ltabel 0,972 dan pada kelas kontrol Lhitung 0,091 < Ltabel 0,931 sehingga diketahui sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji homogenitas diperoleh p (hasil data SPSS) 0,489 > ts (taraf signifikasi) 0,05 sehingga data dinyatakan
memiliki varian yang homogen. Hasil uji-t menghasilkan thitung 7,20 dan ttabel 3,572 dengan taraf signifikansi 0,05. Dari data tersebut diketahui bahwa thitung lebih besar dari ttabel. Oleh sebab itu, hipotesis (H1) terdapat pengaruh metode Go to Your Post terhadap kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif siswa kelas VII SMP Adzkia Islamic School Tangerang Selatan, diterima.
Metode Go to Your Post dengan media gambar dapat pula digunakan dalam materi-materi pelajaran Bahasa Indonesia atau mata pelajaran lain yang sifatnya teoretis dengan menyesuaikan tema pada materi pembelajaran. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan metode Go to Your Post dengan media gambar dalam kegiatan pembelajaran agar mencapai hasil yang maksimal yaitu sifat kooperatif yang dibangun bersama siswa dan pembangunan fokus
siswa. Dengan demikian, metode Go to Your Post dengan media gambar dapat menjadi pilihan pada pembelajaran menulis teks tanggapan deskriptif jenjang SMP.
Kata kunci: metode Go to Your Post, media gambar, kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif
ABSTRACT
HENDRI RIPA'I – The Effect of Go to Your Post Method with Image Media to Capability of Writing Descriptive Text Response on Seventh Grade Students of SMP Adzkia Islamic School South Tangerang. Essay. Jakarta: Indonesian Language and Literature, Faculty of Language and Art, State University of Jakarta, in July 2015.
This study aims to determine the effect of learning methods Go to Your Post with images media to the capability to write descriptive text responses in class VII students of Adzkia Islamic School South Tangerang. Research was conducted in the second semester of the academic year 2014/2015. The method used is an experimental method True Experimental Design: Pre-test Post-test Control Group Design. Sampling was conducted by random sampling technique.
Number samples are 50 students consisting of each 25 students in the experimental class and 25 students in the control class. The research instrument is the act of writing descriptive text response with data analysis techniques using t-test calculation. The calculation results obtained from the above samples was 78.14 for the average post test results descriptive text responses in experimental class and control class 71.26. The result using SPSS software in the experimental class obtained Lcount 0.684 < Ltable 0,972 and the control class Lcount 0.091 < Ltable 0.931 so that the data is known had normal distribution. The calculation result obtained p homogeneity test (SPSS data results) 0.489> ls (level of significance) 0.05 so that the data is stated to have a homogeneous variant. The results of the t-test showed t-count 7.20 and t-table 3.572 with a significance level of 0.05. From these data it is known that t-count greater than t-table.
Therefore, the hypothesis (H1) that there are significant effect of Go to Your Post method to the ability to write descriptive text responses in class VII student of Adzkia Islamic School South Tangerang, accepted. Go to Your Post method with images media can also be used in the lesson materials of Indonesian subject or other subjects that are theoretical to customize a theme in lessons. There are several things to consider in using Go to Your Post with images media in the learning activities in order to achieve maximum results, namely the nature of the cooperative built with the students and the development of students focus. Thus, Go to Your Post method with images media may be an option on the teaching of writing descriptive text responses in junior high school.
Keywords: Go to Your Post method, images media, the ability to write descriptive text responses
Bibliografi : lembar 218-219
SS00008497 | SK 8497 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain