Text
Analisis kemampuan mengarang mahasiswa semester III jurusan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta tahun ajaran 2014/2015
ABSTRAK Reski Alam Gasalba. 2016. Analisis Kemampuan Mengarang Mahasiswa Semester III Jurusan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Jakarta:Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan ditemukan bahwa banyak mahasiswa jurusan bahasa Jepang yang merasakan kesulitan dalam mengarang (78% dari 50 orang) dan merasa kesulitan di aspek-aspek seperti : menggunakan kosakata yang tepat dan sesuai, menggunakan pola kalimat yang tepat dan sesuai, membuat keterkaitan antar kalimat dan antar paragraf, dan kesulitan menggunakan tanda baca yang sesuai fungsinya. Meskipun merasa kesulitan, tapi kemampuan mengarang yang sebenarnya belumlah diketahui, untuk itu penelitian ini diadakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasisiwa dalam mengarang serta mengetahui hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan mengarang dengan hasil karangan mahasiswa semester III dan yang mengikuti mata kuliah sakubun I pada semester 101. Semester III dipilih karena pada tingkat ini kosakata dan pola kalimat yang telah dipelajari sudah cukup banyak, dan agar bila terjadi kekurangan dalam kemampuan mahasiswa, maka dapat diperbaiki sedini mungkin. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan instrumen pedoman penilaian yang berdasarkan buku kaku koto wo oshieru dan nyuumon nihongo tesuto hou serta instrumen yang berupa angket yang dibagikan kepada mahasiswa yang mengikuti mata kuliah sakubun I semester 101. Hasil dan kesimpulan yang didapat berdasarkan hasil analisis karangan dan angket adalah kemampuan mengarang mahasiswa semseter III tergolong baik dengan nilai rerata 74,72. Namun, masih banyak yang harus diperbaiki seperti kemampuan membuat isi karangan yang terkait dengan judul, menekankan isi penting dari sebuah karangan, membuat keterkaitan antar paragraf dan kalimat, serta kesalahan mendasar seperti kesalahan menggunakan kata sambung, bunmatsu, partikel, dan tanda baca. Serta pengajar harus lebih meningkatkan minat mengarang mahasiswa dengan cara misalnya memberi tugas mengarang dengan tema yang ditentukan, lalu, karangan mahasiswa yang dinilai baik dan informatif di upload ke website atau facebook resmi jurusan. Kata kunci : kemampuan mengarang, sakubun I, isi, struktur, pola kalimat, minat
ABSTRACT Reski Alam Gasalba.2016.The analysis of writing essay capability of the Third Semester Students in Japanese Department of Universitas Negeri Jakarta in Academic Year 2014/2015. Skripsi.Jakarta: Faculty of Language and Art. Universitas Negeri Jakarta. Based on the results of preliminary study, it is found that many students majoring in Japanese Department have a difficulty in writing essay (78% of 50 people) and have a difficulty in some aspects such as: using appropriate vocabularies, using appropriate sentence patterns, creating a relevance between sentences and paragraphs, and using appropriate punctuations. Although they find difficulties, but the actual writing capability has not been known yet. Therefore, this study was conducted. This study is aimed to determine the students capability in writing essay and to determine the relation between factors that affect the capability in writing and the writing essay results of the third semester students who followed sakubun I course in semester 101. Semester III was chosen because in this level, vocabularies and sentence patterns have been learned quite a lot, besides ifthere is a weakness in the students capability, it can be corrected earlier. The method used is descriptive quantitative. The instrument of assessment guidelines is based on the book koto wo oshieru and nyuumon nihongo tesuto hou and the instrument in the form of a questionnaire which is distributed to students who follow sakubun course in the semester 101. The results and conclusion obtained based on the analysis of essays and qu estionnaires are the third semester students writing capability is quite good with th e mean value of 74.72. However, there are some improvements needed such as the capability to write the content of writing that is associated with the title, emphasiz e the essential content of the essay, create a relation between paragraphs and sente nces, and basic mistakes such as incorrect use of the conjunction, bunmatsu, partic les, and punctuation. Teachers should be able to increase the interest of students to write essays by giving them several thematic writing assignments, then, the beneficial and info rmative essays are uploaded to the official website or facebook of Japanese Depart ment. Keywords: writing capability, sakubun I, content, structure, sentence pattern , interest
Bibliografi : lembar 74
SS00008499 | SK 8499 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2015.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain