Text
Pembelajaran keterampilan vokasional menjahit bagi peserta didik Tunagrahita(studi deskriptif kualitatif di kelas XI SLB C Tri Asih Jakarta Barat
PEMBELAJARAN KETERAMPILAN VOKASIONAL MENJAHIT PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA
(Studi Deskriptif Kualitatif di Kelas XI SLB Tri Asih Jakarta Barat)
(2016)
Ryan Bagus Prasetyo
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperdalam informasi terkait pelaksanaan pembelajaran keterampilan vokasional menjahit di SLB Tri Asih Jakarta Barat. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi dengan kemudian dianalisis tiap-tiap metode tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru keterampilan vokasional menjahit dan kepala sekolah mengembangkan sendiri kurikulum serta perencanaan pembelajaran keterampilan vokasional menjahit dengan menyesuaikan kondisi peserta didik tunagrahita. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah metode demonstrasi yang dilakukan dengan pengulangan atau drilling serta guru juga menggunakan metode motivasi. Materi yang digunakan dalam pembelajaran adalah materi yang dikembangkan sendiri oleh guru dan kepala sekolah berupa cara membuat produk jahit sederhana, media yang digunakan adalah berupa peralatan menjahit seperti benang, bahan untuk menjahit, macam-macam alat ukur, alat potong, mesin jahit dan lain sebagainya. Tahap pelaksanaan guru dalam pembelajaran meliputi kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Evaluasi dalam pembelajaran keterampilan merupakan evaluasi non-tes saja. Implikasi dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran untuk peserta didik tunagrahita dapat dibekali dengan keterampilan vokasional menjahit yang bertujuan sebagai upaya untuk memandirikan tunagrahita dan meminimalisir bantuan dari oranglain.
Kata kunci: Pembelajaran Keterampilan Vokasional, Menjahit, Tunagrahita.
Bibliografi: lembar 104-105
SS00008809 | SK 8809 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain