Text
Persepsi mahasiswa terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusif(survei di jurusan pendidikan guru sekolah dasar fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Jakarta
Persepsi Mahasiswa Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusif
(Survei di Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta)
Mayasari Manar
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris terhadap persepsi mahasiswa terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang berjumlah 69 orang. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik total sampling. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 50,72% atau sebanyak 35 responden memiliki persepsi positif dan sebesar 49,28% atau sebanyak 34 responden memiliki persepsi negatif terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusif. Hal ini juga ditunjukkan pada persepsi berdasarkan tiap dimensi, yaitu dimensi sensasi adalah positif, dimensi atensi adalah positif, dan dimensi interpretasi adalah negatif.
Kata Kunci: Persepsi mahasiswa, anak berkebutuhan khusus, pendidikan
inklusif
Bibliografi : lembar 95-96
SS00008779 | SK 8779 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain