Text
The recommended English pronunciation instructions for Indonesian Junior High School Students : a library research
ABSTRAK
Nurjamin, Lucky R. (2015). The Recommended English Pronunciation Instructions for Indonesian Junior High School Students: A Library Research. Tesis. Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Facultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Instruksi dari materi pengucapan bahasa Inggris bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang dibuat secara implisit dapat mengakibatkan dampak yang kurang baik, salah satunya adalah adanya ketidak pastian dalam menentukan elemen pengucapan bahasa Inggris mana yang penting untuk diajarkan di Indonesia. Hal ini merupakan hambatan bagi guru dalam mengajarkan pengucapan yang terintegrasi dengan kegiatan berbicara, terutama dalam pencapaian target belajar. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk menentukan instruksi yang tepat dari materi pengucapan bahasa Inggris bagi siswa SMP, meliputi; 1)kompetensi dasar kelas tujuh dari Kurikulum 2013, 2)teori-teori terkait elemen pengucapan bahasa Inggris, tehnik pengajaran dan pembelajaran pengucapan bahasa Inggris, dan tehnik pengujian pengucapan bahasa Inggris bagi siswa SMP, dan 3) perspektif dari para ahli, dalam hal ini guru SMP, dalam pengajaran dan pembelajaran pengucapan bahasa Inggris. Demi mencapai tujuan dari penelitian ini, pendekatan kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan digunakan karena data diambil dari penelitian-penelitian terdahulu dan buku-buku terkait pengajaran dan pembelajaran pengucapan bahasa Inggris, terutama di Indonesia. Penelitian ini menghasilkan Instruksi sebagai berikut: 1) bunyi, penekanan, dan intonasi merupakan elemen inti dari pengucapan bahasa Inggris yang harus diajarkan pada siswa SMP; 2) tehnik yang dianggap sesuai dalam pengajaran dan pembelajaran pengucapan bahasa Inggris bagi siswa SMP adalah a)communicative drilling, b)awareness-rising task, c)ear training, d)creative learning (e.g. drama, role play), e)media, tools and technology (e.g. games, software programme), dan f)reading-aloud/ recitation; 3) tehnik yang dianggap sesuai untuk menguji kemampuan pengucapan bahasa Inggris siswa SMP adalah dengan menggunakan pendekatan Atomistik, meliputi pengulangan secara oral, mengidentifikasi apa yang didengar, dan membaca nyaring.
Kata Kunci: Kompetensi dasar kurikulum 2013, pengucapan bahasa Inggris, berbicara, pengajaran dan pembelajaran pengucapan bahasa Inggris, pengujian pengucapan bahasa Inggris
iii Bibliografi : lembar 105-116
TM00001470 | TM 1470 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain