Text
Intertextuality in English teaching Forum Magazine
INTERTEXTUALITY DALAM MAJALAH ENGLISH TEACHING FORUM
ROSLINA ABSTRAK
Teks menjadi salah satu alat komunikasi bagi manusia saat ini dan tanpa sumber bacaan, teks biasanya tidak dapat dibuat. Dalam penelitian ini peneliti meneliti keterkaitan antar teks dengan sumber yang di pakai dalam majalah English Teaching Forum. Data penelitian adalah kalimat yang menunjukkan hubungan antar teks dalam majalah English Teaching Forum berupa kalimat yang mencirikan keterkaitan antar teks, fungsi sumber, tipe sumber, dan posisi penulis pada sumber yang disertakan. Dalam 10 artikel terdapat 1259 kalimat, dan 170 kalimat mencirikan intertextuality. Sumber terkait digunakan dalam setiap teks, dan penulis mengembangkan sumber nya dengan berbagai cara untuk mendukung pernyataannya. Berdasarkan hasil penelitian kutipan tidak langsung menjadi ciri keterkaitan yang paling banyak terlihat dalam setiap artikel. Sumber yang digunakan memiliki beberapa fungsi seperti, informasi pendukung, bukti, atau pendapat. penulis menggunakan sumber dengan status tinggi sebagai pendukung argument penulis.
Kata Kunci: keterkaitan antar teks, majalah English Teaching Forum, teks.
INTERTEXTUALITY IN ENGLISH TEACHING FORUM MAGAZINES
ROSLINA ABSTRACT
Texts become one of the human communication tools and without source text usually cannot be created. This study investigated the intertextuality coverage in English Teaching Forum magazines. The sources of data are the texts in English Teaching Forum magazines. The data are the sentences that indicated as intertextuality. There are 1259 sentences taken from 10 articles of English Teaching Forum magazine, and 170 sentences are considered as intertextual representation. The intertextual sources are widely used in each text and the authors attempted to exploit intertextual sources in various ways to support their positions. From the findings show that indirect quotation/paraphrasing is mostly used by the writers. The other intertextual representation used is description and direct quotation. The writer used indirect quotation/paraphrasing, description, and direct quotation to support their arguments, provide evidences and state the background information.
Keywords: Intertextuality, English Teaching Forum magazine, Texts.
Bibliografi : lembar 49-52
TM00001472 | TM 1472 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain