Text
Perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar menggunakan pendekatan matematika realistik dengan pendekatan savi di SMP Diponegoro 1 Jakarta
ABSTRAK
TINTIN GUSTINI, Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa yang Belajar Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Dengan Pendekatan SAVI di SMP Diponegoro I Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan yang sesuai serta efektif dalam mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan Pendekatan SAVI.
Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis sebanyak 8 soal uraian. Sebelum digunakan, instrumen telah melalui uji validitas isi, konstruk dan validitas empirik. Perhitungan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar yang termasuk dalam kategori tinggi.
Berdasarkan perhitungan data hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua kelas eksperimen berdistribusi normal dan memiliki varians yang sama atau homogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji- dengan varians yang sama dan taraf signifikansi α = 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan Pendekatan Matematika Realistik lebih tinggi daripada siswa yang diajar menggunakan Pendekatan SAVI.
Kata kunci : Pendekatan Matematika Realistik, Pendekatan SAVI, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.
Bibliografi : lembar 59-60
SS00008793 | SK 8793 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain