Text
Pengembangan bahan ajar matematika berbasis web dengan program conmputer assisted intruction (CAI) tipe tutorial pada meteri trigonometri kelas XI IPA di Sekolah Menengah Atas
ABSTRAK
FACHRUR ROZI. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Web dengan
Program CAI(Computer Assisted Instruction) Tipe Tutorial Pada Materi
Trigonometri Kelas XI IPA di Sekolah Menengah Atas. Skripsi. Jakarta: Program
Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Teknologi pada hakikatnya adalah alat untuk mendapatkan nilai tambah
menghasilkan produk yang bermanfaat. Dalam bidang pendidikan, teknologi
digunakan untuk membantu atau mempermudah proses pembelajaran. Penelitian ini
bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar matematika berbasis web kelas XI IPA
SMA dengan program CAI tipe tutorial pada pokok bahasan Trigonometri.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan
pengembangan yang terdiri dari lima tahap, yaitu: 1) analisis kebutuhan, 2)
pengembangan produk awal, 3) validasi uji ahli dan revisi, 4) uji coba lapangan skala
kecil dan revisi produk, dan 5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Pada
tahap analisis kebutuhan diperoleh hasil rata-rata siswa tertarik untuk belajar
matematika dengan menggunkan bahan ajar berbasis web (44,78%) dengan materi
yang dianggap sulit oleh siswa adalah trigonometri (45,27%). Setelah diperoleh hasil
pada tahap analisis kebutuhan, dilakukan pengembangan produk awal. Tahap
selanjutnya adalah validasi ahli yang meliputi ahli materi dan bahasa serta ahli media.
Pada tahap ini diperoleh masukan dan saran guna revisi produk awal sehingga layak
digunakan untuk uji coba lapangan skala kecil yang dilanjutkan dengan uji coba
lapangan skala besar.
Hasil dari validasi uji ahli materi dan bahasa mendapatkan rata-rata nilai
persentase sebesar 92,76% dan validasi uji ahli media mendapatkan rata-rata nilai
persentase sebesar 85,50%. Hasil validasi tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar
yang dikembangkan sudah layak untuk diujicobakan pada tahap selanjutnya. Tahapan
selanjutnya adalah uji coba lapangan skala kecil dan besar. Hasil dari uji coba
lapangan skala kecil mendapatkan rata-rata nilai persentase sebesar 83,03%. Hasil uji
coba lapangan skala besar pada guru mendapatkan rata-rata nilai persentase sebesar
88,79%. Hasil uji coba lapangan skala besar pada siswa mendapatkan rata-rata nilai
persentase sebesar 83,79%. Perolehan persentase tersebut mendapatkan hasil
interpretasi sangat baik. Berdasarkan perolehan persentase dan disesuaikan dengan
kriteria interpretasi skor, maka dinyatakan bahwa bahan ajar matematika berbasis
web yang dihasilkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika
kelas XI IPA pada materi trigonometri.
Bibliografi : lembar 87-88
SS00008794 | SK 8794 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain