Text
Pengembangan bahan ajar modul pembelajaran pada pokok bahasan peluang dengan pendekatan pendidikan matematika realistik untuk kelas XII SMK 1 Tangerang
ABSTRAK
RIZKI ALFATH. Pengembangan Bahan Ajar Modul Pembelajaran Pada Pokok
Bahasan Peluang dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk Kelas
XII SMK Yayasan Pendidikan Karya 1 Tangerang. Skripsi. Jakarta: Program Studi
Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Kualitas pembelajaran matematika dapat ditingkatkan melalui penerapan
strategi pembelajaran yang baik serta didukung dengan penggunaan bahan ajar
yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar modul
pembelajaran matematika untuk kelas XII SMK Yayasan Pendidikan Karya 1
Tangerang dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik pada pokok
bahasan Peluang.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan
pengembangan. Prosedur penelitian dan pengembangan ini terdiri dari enam tahap,
yaitu: 1) analisis kebutuhan, 2) pengembangan produk, 3) validasi ahli, 4) uji coba
lapangan one to one, 5) uji coba lapangan skala kecil, dan 6) uji coba lapangan skala
besar. Pada tahapan analisis kebutuhan diperoleh hasil antara lain sebagian besar
siswa menganggap matematika merupakan pelajaran yang sulit (85,19%), salah
satu materi yang dianggap sulit oleh siswa adalah peluang (66,67%) dan siswa
tertarik untuk belajar matematika dengan menggunakan modul pembelajaran
(44,44%). Setelah diperoleh hasil pada tahap analisis kebutuhan, dilakukan
pengembangan produk awal. Tahap selanjutnya adalah validasi ahli yang meliputi
ahli materi dan bahasa serta ahli media. Pada tahap ini diperoleh masukan dan saran
guna revisi produk awal sehingga layak digunakan untuk uji coba one to one, uji
coba lapangan skala kecil yang dilanjutkan dengan uji coba lapangan skala besar.
Hasil dari validasi uji ahli materi dan bahasa mendapatkan rata-rata nilai
persentase sebesar 87,50% dan validasi uji ahli media mendapatkan rata-rata nilai
persentase sebesar 83,22%. Hasil dari uji one to one mendapatkan rata-rata nilai
sebesar 88,00%. Hasil uji coba lapangan skala kecil mendapatkan rata-rata nilai
persentase sebesar 73,71%. Hasil uji kelayakan pada guru mendapatkan rata-rata
nilai persentase sebesar 76,04%. Hasil uji coba skala besar mendapatkan rata-rata
nilai persentase sebesar 75,96%. Perolehan persentase tersebut mendapatkan hasil
interpretasi baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran yang
dikembangkan sudah layak untuk digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran
matematika pada pokok bahasan peluang dengan pendekatan pendidikan
matematika realistik untuk siswa SMK kelas XII Yayasan Pendidikan Karya 1
Tangerang.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Modul Pembelajaran, Pendekatan PMR, Peluang, SMK.
Bibliografi : lembar 71-72
SS00008796 | SK 8796 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain