Text
Perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang di ajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe conceptual understanding procedures (CUPS) dan tipe rotating trio exchange (RTE) (studi eksperimen di SMP Diponegoro 1 Jakarta)
ABSTRAK
SISKA PURNAMASARI, Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis antara Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika Non Reguler, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa serta mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Conceptual Understanding Procedures (CUPs) lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) di SMP Diponegoro 1 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment (eksperimen semu). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik two stage sampling. Pada stage pertama menggunakan purposive sampling dan stage kedua menggunakan cluster random sampling. Kedua kelas eksperimen yang dipilih berasal dari populasi yang homogen. Instrumen penelitian yang digunakan posttest kemampuan pemahaman konsep matematis pada pokok bahasan perbandingan dan skala
Berdasarkan perhitungan data posttest, didapatkan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis kelas eksperimen I adalah 82,102273 sedangkan kelas eksperimen II adalah 74,431818. Hasil pengujian homogenitas data posttest dengan menggunakan uji Fisher menunjukkan data posttest kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II homogen. Sementara itu hasil pengujian normalitas data posttest dengan menggunakan uji Lilliefors menunjukkan data posttest kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II berdistribusi normal. Karena data posttest kedua kelas eksperimen berdistribusi normal dan homogen dilakukan pengujian hipotesis dengan uji-t untuk varians kelompok yang homogen. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi
SS00008797 | SK 8797 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain