Text
Perbandingan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang di ajar dengan model pembelajaran team assisted individualization (TAI) dan model pembelajaran jigsaw di SMP Diponogoro 1 Jakarta
ABSTRAK
SITI HARIYANTI, Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Model Pembelajaran Jigsaw Di SMP Diponegoro 1 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang sesuai dan efektif dalam mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa serta untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran TAI lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment (eksperimen semu). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis pada pokok bahasan Himpunan sebanyak 6 soal uraian. Sebelum digunakan, instrumen tersebut telah melalui uji validitas isi, konstruk dan validitas empirik. Perhitungan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,932845 yang termasuk dalam kategori sangat tinggi.
Berdasarkan perhitungan data hasil penelitian, kedua kelas eksperimen, baik kelas yang menerapkan model pembelajaran TAI maupun model pembelajaran Jigsaw, masing-masing berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas menunjukkan bahwa kedua kelas ekperimen homogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-
SS00008821 | SK 8821 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain