Text
Design research: Penerapan pendekatan matematika realistik dalam mengembangkan pemahaman konsep trigonometri pada siswa di kelas X SMKN 26 Jakarta
ABSTRAK
TIARA HANI SAPUTRI. Design Research Penerapan Pendekatan Matematika Realistik dalam Mengembangkan Pemahaman Konsep Trigonometri pada Siswa di Kelas X SMKN 26 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Januari 2016.
Pemahaman konsep trigonometri merupakan aspek yang penting dikuasai siswa. Pemahaman konsep trigonometri diperlukan siswa untuk menguasai berbagai kompetensi yang teknisnya berkaitan dengan matematika dan fisika lebih lanjut. Berdasarkan hasil wawancara guru dan siswa, trigonometri merupakan salah satu materi yang dianggap cukup sulit.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan teori instruksional lokal untuk mengembangkan pemahaman konsep trigonometri pada siswa kelas X SMKN 26 Jakarta dengan Pendekatan Matematika Realistik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X-TEK-1 SMKN 26 Jakarta pada bulan April 2015, selama tiga hari. Penelitian ini menggunakan metode design research yang terdiri dari tiga fase siklik yaitu, fase persiapan dan desain, fase pelaksanaan dan fase analisis retrospektif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah video-tape, lembar aktivitas siswa, lembar hasil wawancara, lembar catatan lapangan dan Hipotesis Lintasan Belajar. Penelitian ini menggunakan validitas internal, validitas ekologi, reliabilitas internal dan reliabilitas eksternal. Aktivitas di kelas menggunakan tema utama yaitu lingkaran satuan trigonometri. Aktivitas dimana siswa mendefinisikan perbandingan trigonometri dan menemukan nilai-nilai perbandingan trigonometri pada sudut-sudut istimewa dengan bantuan alat peraga lingkaran dengan jarum jam serta memahami hubungan lingkaran satuan dan grafik fungsi menggunakan aplikasi program Geogebra merupakan rangkaian aktivitas pembelajaran dalam penelitian ini.
Berdasarkan hasil analisis retrospektif, konteks yang digunakan pada tiap pertemuan dapat mengembangkan pemahaman konsep trigonometri siswa. Aktivitas mengamati benda-benda berbentuk lingkaran dapat membantu siswa memahami aturan penggambaran sudut pada lingkaran satuan trigonometri. Aktivitas menggambar proyeksi sinar garis yang membentuk segitiga trigonometri dapat membantu siswa memahami keterkaitan lingkaran satuan dan segitiga trigonometri sebagai satu kesatuan, trigonometri. Aktivitas penggunaan aplikasi Geogebra untuk membuat grafik fungsi dapat membantu siswa memahami trigonometri sebagai suatu fungsi sudut. Rangkaian aktivitas dalam desain penelitian ini diharapkan dapat membantu mengembangkan pemahaman konsep trigonometri siswa. Diskusi kelompok dan diskusi kelas diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mengembangkan pemahaman konsep trigonometri siswa. Hal ini berarti PMR telah dapat mengembangkan pemahaman konsep trigonometri siswa dengan cukup baik.
Kata Kunci : Design Research, Pemahaman Konsep Trigonometri, PMR, lingkaran satuan trigonometri
SS00008824 | SK 8824 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain