Text
Hubungan antara pemberdayaan dengan komitmen organisasi di Sekolah Menengah Atas Negeri wilayah 1 kota administrasi Jakarta Timur
HUBUNGAN ANTARA PEMBERDAYAAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI WILAYAH 1 KOTA ADMINISTRASI JAKARTA TIMUR
(2016)
HANDARY INGGRID NADIAN
Program Studi Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemberdayaan dengan komitmen organisasi di Sekolah Menengah Atas Negeri Wilayah 1 Kota Administrasi Jakarta Timur. Variabel yang diteliti adalah pemberdayaan sebagai variabel bebas (X) dan komitmen organisasi sebagai variabel terikat (Y). Metode yang digunakan adalah metode penelitian survei. Teknik analisis data yang digunakan utuk menguji hipotesis adalah korelasi product moment dari Karl Pearson, dengan terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan linearitas. Dari hasil pengujian hipotesis untuk uji keberartian korelasi diperoleh bahwa thitung > ttabel, yaitu 22,91 > 1,987, dengan demikian maka hipotesis nol (H0) ditolak. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara pemberdayaan dan komitmen organisasi di Sekolah Menengah Atas Negeri Wilayah 1 Kota Administrasi Jakarta Timur. Maka dapat dikatakan bahwa semakin tinggi pemberdayaan, maka akan semakin tinggi pula komitmen organisasi oleh guru. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel X memberikan kontribusi sebesar 85,50% terhadap variabel Y.
Kata Kunci: Pemberdayaan, Komitmen Organisasi
Bibliografi : lembar 93-96
SS00008503 | SK 8503 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain