Text
Pengaruh strategi pembelajaran PQ4R (preview, question, read,reflect, recite, review) terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa SMP Negeri 194 Jakarta
Abstrak
AGUSTINA ROHMAINI. Pengaruh Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview,
Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Peningkatan Kemampuan
Representasi Matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 194 Jakarta. Skripsi. Jakarta:
Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika
dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui
apakah penerapan strategi PQ4R berpengaruh terhadap kemampuan representasi
matematis siswa SMP.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX SMP Negeri 194 Jakarta, pada bulan
Desember 2015, semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment atau eksperimen semu dengan
variabel bebas strategi pembelajaran PQ4R dan pembelajaran konvensional
sedangkan variabel terikatnya kemampuan representasi matematis Desain
penelitian ini menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Kedua
kelas dijadikan sebagai sampel dari kelas yang memiliki kondisi awal yang sama,
kelas kontrol diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan strategi PQ4R dan
kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pretest dan post-test kemampuan representasi matematis
pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung.
Berdasarkan data hasil penelitian, rata-rata skor gain kemampuan
representasi matematis kelas eksperimen adalah 0,608, sedangkan untuk kelas
kontrol adalah 0,529. Diperoleh Lhitung = 0,106 untuk kelas eksperimen dan
Lhitung = 0,055 untuk kelas kontrol dari hasil uji Liliefors, sedangkan Ltabel =
0,154 pada taraf signifikansi
SS00008829 | SK 8829 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain