Text
Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis web pada pokok bahasan logaritma kelas X di SMAN 12 Jakarta
ABSTRAK
KHOIRUNNISA ISTIQOMAH. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web pada Pokok Bahasan Logaritma Kelas X di SMAN 12 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Era digital kini sudah hampir memasuki seluruh dimensi kehidupan masyarakat Indonesia, tak terkecuali dalam dunia pendidikan. Menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran tentunya memiliki kelebihan tersendiri, yakni mempermudah dan mempercepat kerja siswa, serta menyenangkan. Situasi dan kondisi yang menyenangkan ini menjadi faktor yang sangat penting guna mencapai efektivitas belajar pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis web pada pokok bahasan logaritma kelas X di SMAN 12 Jakarta.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitian dan pengembangan ini terdiri dari lima tahap, yaitu: 1) analisis kebutuhan, 2) pengembangan produk, 3) validasi ahli, 4) uji coba lapangan skala kecil, dan 5) uji coba lapangan skala besar. Pada tahap analisis kebutuhan diperoleh hasil antara lain rata-rata siswa menganggap matematika merupakan pelajaran yang tidak sulit (60,61%), namun tetap terdapat salah satu pokok bahasan yang dianggap sulit oleh siswa yaitu pokok bahasan logaritma (32,43%), terkait kebutuhan siswa akan media pembelajaran, mayoritas siswa merasa membutuhkan media pembelajaran untuk pelajaran matematika (80,30%), dan rata-rata siswa tertarik untuk belajar matematika dengan menggunakan media pembelajaran online seperti website (32,88%). Setelah diperoleh hasil pada tahap analisis kebutuhan, kemudian dilakukan pengembangan produk awal. Lalu dilakukan validasi ahli yang meliputi ahli materi dan bahasa serta ahli media. Pada tahap ini diperoleh masukan, kritik, dan saran guna merevisi produk awal sehingga layak digunakan untuk uji coba lapangan skala kecil yang dilanjutkan dengan uji coba lapangan skala besar serta uji kelayakan oleh guru bidang studi matematika.
Hasil dari validasi uji ahli materi dan bahasa mendapatkan rata-rata nilai persentase sebesar 85% dan validasi uji ahli media mendapatkan rata-rata nilai persentase sebesar 91%. Hasil dari uji coba lapangan skala kecil mendapatkan rata-rata nilai persentase sebesar 82%%. Hasil uji coba kelompok besar mendapatkan rata-rata nilai persentase sebesar 84%. Hasil uji kelayakan pada guru mendapatkan rata-rata nilai persentase sebesar 86%. Seluruh perolehan persentase tersebut mendapatkan hasil interpretasi sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika yang dikembangkan sudah layak untuk digunakan sebagai pembelajaran matematika pada pokok bahasan logaritma untuk siswa kelas X di SMAN 12 Jakarta.
Bibliografi : lembar 81-83
SS00008830 | SK 8830 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain