Text
Pengaruh metode pembelajaran dan gaya kognitif terhadap kemampuan menulis deskripsi bahasa Inggris : penelitian eksperimen pada mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris Program Studi Pendidikan Bahasa dan Seni Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Hamzanwadi Selong, NTB tahun akademik 2014/2015
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI BAHASA INGGRIS
(Penelitian Eksperimen di STKIP Hamzanwadi Selong Lombok Timur NTB 2014/2015)
SYAMSUL IRFAN
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh metode pembelajaran (inquiry dan modeling) dan gaya kognitif (filed-independent dan filed-dependent) terhadap kemampuan menulis deskripsi bahasa Inggris. Penelitian ini bertempat di jurusan pendidikan bahasa Inggris STKIP Hamzanwadi Selong, Lombok Timur, NTB, tahun akademik 2014/2015. Populasi dalam penelitian adalah semua mahasiswa semester dua pada jurusan pendidikan bahasa Inggris, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan faktorial 2x2 ANAVA dengan taraf signifikasni α 0,05.
Dalam penelitian ini, data yang dikumpulkan menggunakan dua instrumen yaitu tes dan non-tes. Dari hasil analisis dan interpretasi data peneliti mendapatkan bahwa: (1) Kemampuan menulis deskripsi bahasa Inggris pada kelompok mahasiswa yang belajar dengan metode inqury lebih tinggi dari pada kelompok mahasiswa yang belajar dengan metode modeling; (2) Kemampuan menulis deskripsi bahasa Inggris mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field-independent lebih tinggi dari pada mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field-dependent; (3) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan gaya kognitif terhadap kemampuan menulis desripsi bahasa Inggris. (4) Kemampuan menuls deskripsi bahasa Inggris yang belajar dengan metode inquiry lebih tinggi dari pada mahasiswa yang belajar dengan metode modeling yang memiliki gaya kognitif field-independent; (5) Kemampuan menuls deskripsi bahasa Inggris mahasiswa yang belajar dengan metode modeling lebih tinggi dari pada mahasiswa yang belajar dengan metode inquiry yang memiliki gaya kognitif field-dependent. penelitian ini disarankan untuk dosen dan guru yang akan mengajarkan kemampuan menulis deskripsi bahasa Inggris agar menjadi kelas interaktif dan ingin memperoleh mahasiswa yang aktif.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Gaya Kognitif, Menulis Deskripsi
Bibliografi : lembar 144-149
TM00001489 | TM 1489 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain