Text
Peningkatan perilaku anti korupsi melalui metode story telling : penelitian tindakan TK B Az Zahra Kebayoran Baru Jakarta Selatan 2015
RINGKASAN
DWI PUJI LESTARI, PENINGKATAN PERILAKU ANTI KORUPSI MELALUI
METODE STORY TELLING (Penelitian Tindakan TK B Az Zahra,
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Tahun 2015)
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran proses aktivitas
Perilaku anti korupsi pada anak TK B Az Zahra Kebayoran Baru Jakarta
Selaran dan mengetahui sejauh mana hasil peningkatan perilaku anti korupsi
pada anak melalui metode story telling. Penelitian ini dilaksanakan di TK B Az
Zahra Kebayoran Baru Jakarta Selatan, dengan subjek 16 anak usia 5-6
tahun, dengan 2 orang pengamat. Pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan
Februari sampai dengan Maret 2015.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas mengacu pada model Kemmis dan Taggart. Yang terdiri dari empat
komponen, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan
(observing), dan refleksi (reflecting). Analisis data yang dilakukan dalam
penelitian ini adalah melalui dua cara yaitu teknik analisis data kuantitatif dan
kualitatif. Data kuatitatif dianalisis menggunakan analisis deskriptif (tabel
frekuensi, rata-rata, presentasi, standar deviasi) sedangkan Analisis data
kualitatif dianalisis dengan (1) data reduction, (2) data display, (3) data
conclusing drawing/verification.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan perilaku anti korupsi
dengan menggunakan metode story telling, terlihat bahwa peningkatan
sebanyak pada siklus II 88,05% dari pra siklus sebanyak 41,23% sampai
pada siklus I 72,23%
Implikasi dari temuan penelitian, bahwa metode story telling dapat
digunakan untuk mendidik perilaku pada anak yang jauh lebih menyenangkan
iii
bagi anak dan disamping itu mereka tidak akan merasa terbebani mengenal
perilaku-perilaku yang digunakan untuk dasar bersosialisasi di masyarakat.
Dengan demikian, dikemukakan saran bagi guru PAUD ataupun orang tua
dalam mendidik perilaku anak sebaiknya dengan cara yang menyenangkan
bukan melalui ancaman atau tekanan pada anak.
Bibliografi : lembar 179-183
TM00001490 | TM 1490 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain