Text
Pengaruh penggunaan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN di kecamatan Kebon Jeruk Jakarta Barat
PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN DI KECAMATAN KEBON JERUK JAKARTA BARAT
(2016)
Putri Monica Sophi
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD di Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, pokok bahasan bangun ruang dan bangun datar, semester II Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Kelurahan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil pemilihan sampling terpilih SDN Kebon Jeruk 01 Pagi Jakarta Barat sebagai sampel penelitian. Kelas IVA dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan IVB dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Pengujian data dilakukan melalui uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil pengujian hipotesis didapat thitung = 2,569 > ttabel = 1,672 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD di Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Oleh sebab itu, sekolah perlu mengembangkan pendekatan pembelajaran yang sesuai untuk materi yang diajarkan dalam kelas sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dan akan berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa.
Kata kunci : pendekatan saintifik, hasil belajar matematika
Bibliografi : lembar 72-74
SS00008834 | SK 8834 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain