Text
Hubungan antara kemandirian belajar dan konsep diri dengan hasil belajar IPS : studi korelasi diri pada siswa kelas V SDN 08 Pagi Pondok Kopi Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur
HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR IPS
(Studi Korelasi pada Siswa Kelas V SDN 08 Pagi Pondok Kopi Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur)
RANI PUSPITA SARI
rafarani131@gmail.com
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan hubungan antara kemandirian belajar dan konsep diri siswa dengan hasil IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dan menggunakan teknik analisis regresi dan korelasi sederhana serta regresi dan korelasi ganda Penelitian ini di lakukan di SDN Pondok Kopi 08 Pagi Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur dengan n = 91 dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif antara kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS; (2) terdapat hubungan positif hubungan antara konsep diri siswa dengan hasil IPS; dan (3) terdapat hubungan positif antara kemandirian belajar dan konsep diri siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar IPS dapat ditingkatkan dengan meningkatkan kemandirian belajar dan konsep diri siswa, karena hasil verifikasi membuktikan bahwa kemandirian belajar dan konsep diri siswa menjadi faktor penentu yang signifikan.
Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Konsep Diri, dan Hasil Belajar IPS
Bibliografi : lembar 114-117
TM00001479 | TM 1479 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain