Text
Pengaruh penggunaan cinematherapy terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa SMA (studi kuasi eksperimen terhadap siswa kelas XI di SMA Negeri 30 Jakarta Pusat)
PENGARUH PENGGUNAAN CINEMATHERAPY TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA SMA
(Studi Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas XI
di SMA Negeri 30 Jakarta Pusat)
(2016)
R. Siti Yuliana R
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh penggunaan cinematherapy terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa kelas XI SMA Negeri 30 Jakarta Pusat. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan nonequivalent group design. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Populasi penelitian berjumlah 264. Sampel penelitian terdiri dari 8 anggota kelompok eksperimen dan 8 anggota kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen kepercayaan diri yang dikembangkan oleh Peter Lauster. Uji coba instrumen dilakukan terhadap 70 responden. Pengujian perhitungan validitas instrumen diolah menggunakan SPSS (Statistical Product and Service Solution). Hasil perhitungan validitas menunjukkan 49 butir item valid dan 11 butir item tidak valid, sedangkan reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus Alpha menunjukan 0,733 yang berarti instrumen termasuk dalam kategori reliable. Teknik analisis data untuk hipotesis menggunakan Mann Whitney U-Test. Hasil uji hipotesis dilakukan dengan bantuan program SPSS 20.0 for windows yang menunjukan bahwa nilai Asymp sig sebesar 0,001, yang berarti lebih kecil dari nilai signifikansi α 0,05. Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, karena skor rata-rata peningkatan kepercayaan diri siswa mendapatkan perlakukan berupa cinematherapy lebih tinggi yaitu 18,11 dibandingkan dengan 4,98 yang merupakan hasil skor rata-rata kelompok kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan berupa cinematherapy. Peningkatan yang terjadi pada kelompok eksperimen dapat disebabkan dari pemilihan film, teknis pelaksanaan treatment, situasi pelaksanaan treatment, serta lokasi atau tempat pelaksanaan treatment, sedangkan peningkatan pada kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan namun tetap mengalami peningkatan, kemungkinan disebabkan oleh faktor internal dan eksternal pada kepercayaan diri dari anggota kelompok yang tidak dapat dikendalikan oleh peneliti saat dilakukannya penelitian. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian ini, penggunaan cinematherapy dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas XI SMA Negeri 30 Jakarta Pusat.
Kata kunci: Kepercayaan diri, cinematherapy
Bibliografi: lembar 147-150
SS00008916 | SK 8916 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain