Text
Hubungan logis matematis dan percaya diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Wilayah Babakanmadang Bogor
HUBUNGAN LOGIS MATEMATIS DAN PERCAYA DIRI DENGAN HASIL
BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN
STUDI KORELASI DI SDN WILAYAH BABAKANMADANG
BOGOR
(2016)
EMALIA FATIMAH
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari hubungan antara logis
matematis dan percaya diri dengan hasil belajar matematika pada siswa
kelas lima di wilayah Babakanmadang, Bogor. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah survei dan populasi dalam penelitian ini adalah sekolah
dasar negeri, wilayah Babakanmadang, Bogor, yang terdiri dari enam
Sekolah Dasar Negeri yang berjumlah 440 siswa. Sampel yang diambil 60
siswa dimana peneliti mengambil sampel di SDN Kadumanggu 06 dengan
menggunakan sampel acak. Hasil penelitian ini menunjukkan korelasi positif
antara variabel matematika logis sebagai variabel X1 dan X1 sebagai diri
percaya diri dengan prestasi belajar matematika sebagai nilai persegi
variabel dependen Y. R dari Koefisien Penentuan 0,469 yang berarti peran
pada kontribusi variabel logis matematis dan percaya diri mampu
menjelaskan hasil variabel prestasi belajar pada siswa matematika 46,9%.
Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam
matematika 'dapat dipengaruhi logis matematika dan percaya diri.
Kata kunci: logis matematis, percaya diri dan hasil belajar matematika.
Bibliografi : lembar 119-122
TM00001509 | TM 1509 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain