Text
Pengaruh teknik permainan dan motivasi belajar terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab : penelitian eksperimen kelas V MIN Hadiluwih Sumberlawang Sragen
RINGKASAN
Penguasaan kosakata adalah kemampuan menguasai atau kemampuan memahami dan menggunakan kata-kata yang terdapat dalam suatu bahasa, baik bahasa lisan, maupun tulisan. Penguasaan kosakata sangat diperlukan karena semakin banyak kosakata yang dimiliki seseorang, semakin mudah pula ia menyampaikan dan menerima informasi, bahkan kosakata dapat dipakai sebagai ukuran kepandaian seseorang. tersebut meliputi kosakata umum dan khusus. Kosakata umum mencakup kata kerja, kata benda, kata sifat, kata keterangan, dan kata ganti orang atau perangkai, sedangkan kosakata khusus meliputi kosakata uang, warna dan waktu.
Untuk memperoleh Penguasaan Kosakata yang diinginkan, seorang pengajar harus kreatif dalam menetapkan teknik pengajaran guna tercapainya Penguasaan Kosakata pada siswa. Adapun teknik pengajaran yang bisa diterapkan pada pembelajaran bahasa Arab, antara lain teknik permainan. Diantaranya adalah teknik bingo kata dan puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik permainan dan motivasi belajar terhadap Penguasaan Kosakata bahasa Arab. Penelitian ini dilakukan di MIN Hadiluwih Sumberlawang Sragen. Teknik permainan yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik bingo kata yang digagas oleh Fathul Mujib dan Nailurrahmawati. Teknik permainan Bingo kata merupakan permainan yang
menyenangkan bagi pembelajar Bahasa Inggris untuk semua tingkat. Teknik permainan Puzzle merupakan permainan melalui potongan gambar, kata, situasi, dan warna yang membutuhkan cara memecahkan masalah secara coba-salah, merupakan salah satu permainan yang terbukti dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan tersebut, Adapun Motivasi belajar sebagai aspek psikologi yang turut mengintervensi Penguasaan Kosakata bahasa Arab.
Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk memperoleh data Penguasaan Kosakata bahasa Arab dan instrumen non-tes untuk data motivasi belajar. Hasil pengujian validitas dan reliabilitas menunjukkan dari 35 butir soal yang diujikan kepada 32 responden diperoleh 25 butir soal yang valid untuk instrumen Penguasaan Kosakata bahasa Arab dan dari 40 butir soal yang diberikan kepada 32 responden diperoleh 30 butir soal valid untuk instrumen non-tes yakni kuesioner motivasi belajar. Desain penelitian ini adalah treatment by level design 2 X 2 dengan menggunakan penghitungan ANAVA dua jalur. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN Hadiluwih Sumberlawang Sragen. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel yang diambil
sebanyak 25% kelompok atas dan 25% kelompok bawah berjumlah 32 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penguasaan Kosakata bahasa Arab kelompok siswa yang belajar dengan teknik bingo kata lebih tinggi daripada kelompok siswa yang belajar dengan teknik permainan susun kata (puzzle). (2) Adanya interaksi antara teknik permainan dan motivasi belajar. (3) kelompok siswa dengan motivasi belajar tinggi yang belajar dengan teknik permainan bingo kata lebih tinggi daripada Penguasaan Kosakata kelompok siswa yang belajar dengan teknik permainan susun kata (puzzle).(4) Penguasaan Kosakata bahasa Arab kelompok siswa dengan motivasi rendah yang belajar dengan teknik permainan bingo kata dan susun kata (puzzle) tidak menunjukkan adanya perbedaan yang sigifikan.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada guru bahasa Arab untuk menggunakan teknik permainan bingo kata dan susun kata (puzzle) sebagai variasi teknik pengajaran dan tetap harus mempertimbangkan tingkat motivasi belajar siswa dalam memilih suatu teknik pengajaran.
Bibliogfrafi : lembar 105-107
TM00001511 | TM 1511 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain