Text
Upaya meningkatkan hasil belajar sistem komputer siswa kelas X SMK Gita Kirtti 2 Jakarta dengan strategi siklus belajar (learning cycle) 5E
ABSTRAK
AHMAD KHAIRUDIN, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Komputer Siswa Kelas X Smk Gita Kirtti 2 Jakarta Dengan Strategi Siklus Belajar (Learning Cycle) 5 E. Skripsi. Jakarta : Fakultas Teknik, Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika, Universitas Negeri Jakarta, Januari 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching pada kompetensi dasar menerapkan relasi logik dan fungsi gerbang dasar kelas X di SMK Gita Kirtti 2 Jakarta. Strategi pembelajaran siklus belajar 5E terdiri dari proses pembelajaran yang terbagi dalam lima fase yaitu (1) fase Pembangkitan minat, (2) fase Menyelidiki, (3) fase Menjelaskan, (4) fase Meluaskan, dan (5) fase Penilaian. Pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran siklus belajar 5E menghasilkan kondisi pembelajaran yang lebih kondusif sehingga peserta didik dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), yang terdiri dari tiga siklus. Pada setiap siklusnya mempunyai empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Setelah menggunakan strategi pembelajaran siklus belajar 5E maka diperoleh data yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik, yakni pada siklus II ketuntasan hasil belajar peserta didik pada aspek keterampilan mencapai 79,41%. Kemudian pada siklus III mengalami peningkatan dari pada siklus II yaitu ketuntasan hasil belajar pada aspek keterampilan mencapai 97,05%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran siklus belajar 5E dapat meningkatkan aktifitas pada proses pembelajaran yang berakibat pada meningkatnya hasil belajar menerapkan menerapkan relasi logik dan fungsi gerbang dasar kelas X di SMK Gita Kirtti 2.
Kata Kunci : Hasil Belajar, relasi logik dan fungsi gerbang dasar, Siklus belajar
Bibliografi : lembar 76
SS00008566 | SK 8566 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain