Text
Pengaruh penambahan bihun goreng pada pembuatan kue sagu terhadap daya terima konsumen
PENGARUH PENAMBAHAN BIHUN GORENG PADA PEMBUATAN
KUE SAGU TERHADAP DAYA TERIMA KONSUMEN
LUPITA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui formula dan menganalisis daya terima
konsumen terhadap kue sagu dengan penambahan bihun goreng menggunakan
metode eksprimen dengan persentase 15,6%, 23,4% dan 46,8%. Pengujian dalam
penelitian ini meliputi aspek rasa, aroma, dan tekstur. Penelitian ini dilakukan di
Laboratorium Pengolahan Kue dan Roti Universitas Negeri Jakarta. Untuk
menilai daya terima konsumen dilakukan uji organoleptik terhadap kelompok
mahasiswa program studi Tata Boga yang telah mengambil mata kuliah Pastry
dan Bakery Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Mei
hingga Oktober 2015. Hasil perlakuan kemudian dinilai berdasarkan aspek rasa,
aroma, dan tekstur dengan menggunakan uji organoleptik kepada 30 orang panelis
agak terlatih. Hasil analisis penilaian deskriptif menunjukkan nilai rata-rata
tertinggi pada aspek rasa 4,03, aspek aroma 4,13 dan aspek tekstur 4,13 pada kue
sagu dengan penambahan bihun goreng dengan persentase 15,6%, 23,4% dan
46,8%. Data diolah menggunakan Uji Friedman dengan taraf signifikansi α =
0,05. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Uji Friedman menunjukkan tidak
terdapat pengaruh yang signifikan terhadap aspek rasa, aroma, dan tekstur dengan
penambahan bihun goreng dengan persentase 15,6%, 23,4% dan 46,8%.
Kata Kunci: Kue Sagu, Bihun Goreng dan Daya Terima Konsumen.
Bibliografi : lembar 52-53
SS00008569 | SK 8569 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain