Text
Apresiasi seni siswa kelas X SMA Negeri 19 Jakarta terhadap tokoh punakawan pada wayang kulit purwa
ABSTRAK
Muhamad Ferdiansah. 2016. Apresiasi Seni Siswa Kelas X SMA Negeri 19 Jakarta Terhadap Tokoh Punakawan Pada Wayang Kulit Purwa. Skripsi, Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Apresiasi seni adalah proses mengidentifikasi, mengamati, menghayati, memahami, menghargai, dan menilai suatu karya seni rupa. Apresiasi seni penting diberikan untuk siswa, karena dalam proses mengapresiasi, siswa sudah memadukan unsur estetika, logika dan etika. Selain itu, apresiasi seni dapat membantu mengembangkan kompetensi siswa tentang konsep seni. Dengan mengapresiasi wayang kulit purwa tokoh punakawan, siswa dapat belajar tentang berpikir kritis, tingkah laku, nilai, dan etika dari karakter tokoh Punakawan. Wayang kulit purwa adalah karya seni asli Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO. Tokoh punakawan adalah salah satu kelompok abdi dalam kesenian wayang kulit purwa. Punakawan terdiri dari empat tokoh, yaitu Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong. Semar memiliki ciri khas jambul putih, berbadan gendut, pendek, dan memiliki karakter bijaksana. Gareng memiliki mata yang cacat, tangan cacat, kaki cacat, berbadan gendut, pendek, dan memiliki karakter hati-hati. Petruk memiliki ciri khas hidung yang panjang, bertubuh tinggi, dan memiliki karakter optimis. Bagong memiliki bentuk yang lucu, baik dari mata atau bibir, bertubuh gendut, pendek, dan memiliki karakter tawakal (berserah). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Dalam penelitian ini terdapat sumber data yang berasal dari observasi, wawancara dengan nara sumber, studi dokumentasi, dan kuesioner. Setelah semua data diperoleh, kemudian data tersebut direduksi dan diperiksa keabsahannya. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik. Triangulasi teknik dilakukan dengan mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian ini, siswa kelas X SMA Negeri 19 Jakarta memiliki apresiasi seni yang cukup baik terhadap purwa tokoh punakwan pada wayang kulit purwa, hal tersebut dapat dilihat dari hasil setiap aspek apresiasi seni. Pada aspek feelling siswa mendapat skor baik. Pada aspek emphaty siswa mendapat skor cukup baik. Pada aspek valueing siswa mendapat skor cukup baik.
Kata Kunci: Apresiasi Seni, Siswa Kelas X SMA, Tokoh Punakawan, Wayang Kulit Purwa.
ABSTRACT
Muhamad Ferdiansah. 2016. The art appreciation student class X 19 nation highschool Jakarta to punakawan character in purwa leather puppet. Essay, visual art, faculty of language and art, state university of Jakarta.
Appreciation of art is the process to identification, to watch, to live, to understand, to appreciate, and to judge the visual art work. Appreciation of art is so important to teach to the student because in the process of appreciate, the student has combined the element of aesthetic, logic, and ethics. Moreover, the appreciation of art is able to develop the student competence about the conceptual art. By appreciate the character of “wayang punakawan”, the student is able to study to critical thinking, behavior, value, and ethics of the character of punakawan puppets. Purwa leather puppet is the original art from Indonesia which had been recognized by UNESCO. The character of punakawan is the one of the servant group in art of purwa leather puppet. The punakawan is consist of four charecters, there are Semar, Gareng, Petruk, and Bagong. Semar identified with white topknot, fat, manikin, and he is a wise character. Gareng identified with deformed eyes, hands and feet, fatty and short body, and had the watchful character. Petruk identified with a long nose, tall body, the optimistic character. Bagong identified with cute bodyform when it look eyes and mouth form, fatty and short body, and had the surrender character. The research is the qualitative descriptive research. The instrument in this research is researcher himself. In this research there are source data which from the observation, interview with the informant, documentation study, and questionnaire. After all data are obtain, the data are reduced and got checked for the validity. Data validity examination is triangulation technique. Triangulation technique is used by checked the data from the informant with different ways. Based on this research result, student of 19 nation highschool Jakarta class X had good enough art appreciation about Purwa leather puppet punakawan characters, it could be looked at each aspect of art appreciation. The feelling aspect, students got good scores. The emphaty aspect, students got rather good scores. The valuing aspect, students got rather good scores.
Keyword: Art appreciation, student class X highschool, characters of punakawan, purwa leather puppet.
Bibliografi : lembar 170-172
SS00008571 | SK 8571 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain